Timika,reportasepapua.com – KPU Mimika Akan melakukan pengecekan terhadap surat suara DPR RI yang diduga hilang saat dikirim dari Percetakan Ke Mimika. 

Ternyata Surat Suara Pemilu yang telah tiba di kantor KPUD Mimika pada selasa selalu setelah dilakukan pembongkaran dari dermaga pelabuhan Pomako,jumlah suarat suara dalam packing list dari pihak Ekspedisi yang harusnya di terima sebanyak 938 colly namun pada saat surat suara tersebut sampai di kantor KPUD Mimika hanya 937 colly,hal itu di benarkan oleh Ketua KPUD Mimika Indra Ebang Ola yang yang di temu pada,sabtu(16/02).

Ketua KPUD Indra Ebang Ola yang di dampinggi empat orang Anggota Komisioner KPUD, mengatakan, dalam packing list dari pihak ekspedisi jumlah surat suara yang harus diterima sebanyak 938 koli, namun pada saat tiba di gudang KPU hanya 937 koli.

“Sesuai packing list dari pihak ekspedisi itu 938 colly namun saat tiba di kantor KPUD hanya 937 colly,namun kami akan melakukan pengecekan kembali,dan itu akan dilakukan bersama dengan Bawaslu,serta melibatkan pihak Ekspedisi dan kepolisian,” Ungkap Ketua KPUD Indara Ebang Ola.

Satu koli yang diduga kurang itu berupa surat suara untuk DPR-RI yang seharusnya di terima sebanyak 231 koli, akan tetapi saat dilakukan pengecekan hanya 230 koli.Dan Satu coli yang belum ditemukan itu berisi 1.020 lembar surat suara DPR-RI.

“suarat suara DPR-RI yang kami juga masih menduga kurang atau tercecer itu,sesuai datanya harus berjumah 231 colly yang berisi 1.020 lembar,namun saat dilakukan pengecekan awal saat di masukan ke gudang KPUD itu hanya 230 colly,” Jelasnya. 

Terkait hal ini,KPUD masih melakukan pengecekan apakah satu koli surat suara DPR-RI itu tergabung dengan surat suara lainnya atau tidak,dan pengecekan itu akan dilakukan bersama pihak-pihak yang terkait,diantaranya,Pihak Bawaslu, Ekspedisi dan Pihak Kepolisian.

“kami akan melakukan pengecekan kembali,rencannya jumat kemarin namun karena pihak ekspedisi masih ada urusan sehingga dilakukan sabtu hari ini,” Ungkapnya.

Sementara itu, Lanjut ketua KPUD Mimika Indra Ebang Ola bawah, apabila satu koli surat suara itu tidak ditemukan maka, KPUD Mimika akan berkoordinasi dengan KPU Propinsi Papua.

“nanti setelah pasti hilang, baru  kami akan melakukan pengecekan ulang dan telusuri lagi karena bisa saja saat di turunkan dari mobil mereka menempatkannya atau campur dengan surat suara lain,dan jika tidak ada kami akan menyampaikan ke KPU Propinsi, sehingga ini tidak menjadi masalah mengingat pencoblosan tinggal 2 bulan,” Tambahnya.

Sebelumnya pada selasa lalu, KPUD Mimika telah menerima logistik surat suara untuk pemilu 2019, baik surat-suara Pilpres, DPR-RI,DPR provinsi papua, DPRD Mimika dan DPD.

Surat suara ini dikirim oleh pihak percetakan PT Adi Perkasa di Makassar sulawesi selatan,melalui jasa Ekspedisi Meta Trans Perkasa.Dalam packing list jumlah surat suara yang harus diterima sebanyak 938 koli.

Pihak KPUD sendiri belum memeriksa surat suara tersebut apakah ada yang rusak atau salah cetak, sebab saat surat suara yang di terima itu masih tersegel.

Sementara di mimika sendiri terdapat 911 TPS yang tersebar di 152 kelurahan kampung dari 18 Distrik dan untuk jumpah DPT sebanyak 231.265 jiwa. (Redaksi/IB) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here