1 Anggota KKB dilumpuhkan di Nabire

0
540

JAYAPURA, Reportasepapua.com –  Tim Gabungan TNI-Polri melumpuhkan 1 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) d Distrik Makimi, Kabupaten Nabire, Senin (20/01).

Kapolres Nabire, AKBP Sonny M. Nugroho mengatakan kejadian tersebut terjadi pada pukul 09.00 WIT.

Menutunya pada saat itu tim gabungan hendak melakukan penindakan terhadap anggota KKB berinisial NM (35) yang akan melakukan transaksi jual beli senjata.

“Saat itu tim gabungan akan melakukan penindakan terhadap kelompok KKSB berinisal NM (35),” ujar Kapolres Nabire, Rabu (22/01).

Ia menjelaskan, sebelum kejadian, Tim Gabungan ini bertolak menuju Kampung Nifasi, yang mana akan dijadikan tersangka NM dijadikan tempat transaksi jual beli senjata api.

Kemudian Tim Gabungan membuntuti tersangka yang menggunakan mobil, bergerak dari arah Pantai Nusi hendak menuju kearah Kota Nabire.

“Saat itu juga, Tim Gabungan langsung  melakukan penindakan dengan cara penghadangan mobil tersangka. Selanjutnya, Tim Gabungan memberikan tembakan peringatan sebanyak 2 kali,” ungkap Kapolres Nabire.

Kapolres mengatakan setelah mendengar tembakan peringatan sebanyak 2 kali tersangka tidak menghiraukannya dan terus berlari dari kejaran Polisi, 2 orang tersangka berhasil melarikan diri ke arah bukit, sedangkan 1 orang yang hendak melarikan diri ke arah semak-semak berhasil dilumpuhkan oleh Tim Gabungan dengan luka tembak bagian pinggang,” lanjut Kapolres Nabire. “NM meninggal dunia, karena luka tembak,” terang Kapolres Nabire.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan kejadian tersebut, ditemukan beberapa barang bukti di TKP berupa 1 pucuk Senjata rakitan, 1 unit Handphone, Amunisi 5,56 2 butir, KTP An. NM, Buku Tabungan Bank Papua An. NM 2 buah, 1 buah Buku catatan, Uang sebesar Rp. 500 ribu.

Kapolres mengungkapkan, NM merupakan anggota KKSB dengan  jabatan sebagai komandan Operasi Umum di Wilayah MEPAGOO Kodap 29.

NM juga berperan sebagai penyuplai bahan makanan (bama), senjata dan amunisi untuk kebutuhan KKSB di Wilayah Intan Jaya

“Untuk barang bukti telah diamankan di Polres Nabire guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Tersangka atau korban NM telah dimakamkan siang tadi oleh pihak keluarga,” tutup Kapolres Nabire. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here