1 Desember Timika Kondusif Aparat Tetap Lakukan Siaga 1 Selama Tiga Hari 

Timika,reportasepapua.com – Tanggal 1 Desember yang di peringati sebagai hari Kemerdekan Organisasi Papua Merdeka (OPM),sejak malam hingga siang ini situasi kota timika dinyatakan kondusif,Namun aparat kepolisian dan di bantuan TNI masih melakukan siaga yang berlangsung selama tiga hari,Sabtu (01/12)

1 Desember yang biasanya di peringati oleh kelompok-kelompok di papua sebagai hari Kemerdekan Organisasi Papua Merdeka (OPM), sejak jumat aparat Kepolisian dan TNI telah melakukan penjagaan atau siaga satu yang berlangsung sejak jumat tanggal 30 november hingga senin tanggal 3 desember 2018.

Siaga satu yang dilakukan aparat gabungan guna mengantisipasi adanya gerakan-gerakan oleh kelompok-kelompok yang mengatasamakan organisasi papua merdeka (OPM).
Dan untuk mencegah adanya pengibaran bendara bintang kejora di daerah timika, serta mengantisipasi adanya gangguan kamtibnas di kabupaten mimika.

Maka sejak jumat malam tadi aparat gabungan melakukan patroli rutin serta melakukan rahazia di sejumlah tempat di dalam kota timika hingga pada sabtu 1 desember, kegiatan yang dilakukan aparat Kepolisian dan TNI guna memberikan kondisi timika tetap aman.

Dari hasil rahazia  yang berlangsung sejak jumat malam itu,aparat mengamankan beberapa warga yang membawa senjata tajam, dan beberapa kendaran yang terkena rahazai aparat juga menemukan sejumlah minuman keras yang di bawah warga, barang-barang tersebut kemudian di sita aparat, serta aparat juga melakukan pendataan terhadap warga yang membawa senjata jam.

Menurut penjelasan Pelaksana Tugas Kapolres Mimika AKBP Fernando Sances Napitupulu mengatakan, 1 desember kota timika hingga tembagapura dalam keadaan kondusif.

“Situasi aman-aman saja,ini merupakan kerja sama antara warga mimika dan aparat keamanan yang sama-sama menjaga kondisi daerah ini,jadi tidak ada yang menonjol semu warga mimika sudah sadar,”Jelas AKBP Fernando Sances Pelaksana Tugas Kapolres Mimika.

Sementara hingga sabtu pagi sejak pukul 07.00 wit hingga sabtu siang, kondisi kota timika tetap dalam keadaan kondusif, aktifitas warga kota timika tetap berjalan seperti biasanya,Namun aparat Kepolisian serta TNI yang berada di kota timika tetap melakukan siaga satu dan patrol rutin, bahkan di Tambang Tembagapura sendiri masih tetap di nyatakan kondusif dan tidak adanya gangguan keamanan dari kelompok-kelompok yang hendak menggangu dan mengacaukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.(IB)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,041FansSuka
2,835PengikutMengikuti
17,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles