JAYAPURA,REPORTASEPAPUA.COM – 10 Pekerja di distrik Yal Kabupaten Nduga, Papua akhirnya dapat selamat dan di evakuasi aparat gabungan dari Kenyam.

Kabidhumas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal Menceritakan Pada saat kejadian mereka (10 pekerja) mendapat Informasi dari Distrik Yigi bahwa ada penangkapan para tukang pada hari Sabtu 01 Desember 2018 malam dan pada hari Minggu pagi setelah sarapan pagi masyarakat dari Distrik Yal mengantar dan membawa lari kami ke arah hutan untuk di amankan.

“Pada sore harinya mereka dibawa ke Rumah Kepala Kampung Yal (Yelen Gwijangge ) kemudian dari Distrik Yal kami di antar dan dibawa ke Distrik Koroptak dan Pada hari Senin tanggal 03 Desember 2018 sekitar pukul 01.00 wit sampai dengan pukul 17.00 wit kami berjalan kaki dan pada sore harinya kami tiba di Honay milik masyarakat dan tinggal selama tiga hari,” ungkap Kamal.

Lanjutnya Pada hari Rabu tanggal 05 Desember 2018 Masyarakat membawa lari pekerja ini ke Distrik Yal namun kami tidak sempat tiba di Distrik Yal, kami cuma sampai dibawa gunung Distrik Yal.

“Pada hari Minggu tanggal 09 Desember 2018 sekitar pukul 14.00 wit mereka dibawa ke Distrik Koroptak karena kami mendapat informasi melalui Radio SSB dari bapak kepala Kampung Yal (Yelen Gwijangge) dengan Wakil Ketua I DPRD Nduga (Bpk.Alimi Gwijangge) bahwa kami akan dievakuasi ke Kenyam dengan menggunakan Helicopter Bell Milik PT. Intan Angkasa. Kami berterima kasih kepada aparat TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat yang sudah membantu kami keluar dari Distrik Yigi,” Tuturnya.

Dari data Kepolisian, Pekerja yang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat sebanyak 35 orang dan korban selamat ini diluar karyawan PT. Istaka Karya yang bekerja membangun beberapa bangunan seperti balai desa, gedung sekolah dan perumahan sosial di beberapa Distrik yang ada di Kabupaten Nduga.

Personel gabungan TNI/Polri akan terus melakukan pencarian para korban pekerja yang berada di beberapa Distrik yang ada di Kabupaten Nduga.(redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here