JAYAPURA, Reportasepapua.com – Sebanyak 140 Tenaga Kesehatan di Papua terpapar covid-19. Juru bicara Satgas Penangan Covid-19 dr. Silwanus Sumule mengatakan hal tersebut dikarenakan ketidakjujuran pasien dalam memberikan keterangan pada tenaga medis.

“Jadi kita belajar dari kasus di jawa timur, penularannya pertama bisa karena ketidak jujuran pasien yang kedua kelelahan ketiga kontak antara petugas kesehatan, ” ujarnya.

“Yang pasti bahwa saat petugas kesehatan terpapar covid -19 maka ini memberikan warning kepada kita semua yaitu masih banyak pekerjaan yang harus segera kita selesaikan, ” Tambah Jubir Satgas Penangan Corona Virus Provinsi Papua, dr Silwanus Sumule kepada wartawan, kamis malam (02/07).

Menurutnya, faktor-faktor lain juga bisa menjadi penyebab sehingga tim kesehatan terpapar covid-19 dikarenakan pihak medis selalu mematuhi protokoler kesehatan seperti Memakai Alat Pelindung Diri (APD) saat menangani pasien, jaga jarak, cuci tangan, pakai masker.

” kalau bilang jenuh, semua jenuh mulai dari tanggal 17 Maret 200 sampai saat ini, jenuh dan lelah itu adalah hal yang manusiawi, penanganan Corona virus ini bukan hal yang mudah, ” Tukasnya.

Sumule Mengakui jika Bekerja dalam lingkungan menggunakan APD, terkadang memang ada peralatan Alat Pelindung Diri tim kesehatan yang kurang, kita menyadari hal tersebut.

“Jadi ketika kelelahan itu muncul maka sedikit ketidak tahanan pada protokol kesehatan pasti ada dan hal ini saya pikir sangat manusiawi, tetapi lepas dari semuanya itu kita harus bangga dengan tim medis di papua, ” Tutupnya. (Berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here