16 Bulan Bertugas, Irjen Pol Boy Rafli Amar Sedih Tinggalkan Papua

0
178
Irjen Pol Boy Rafli amar dan Istri Berfoto dengan Pejabat Pemda Papua. ( foto : riy )

Jayapura, reportasepapua.com – Acara pisah sambut Kapolda Papua dari Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH kepada Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si, berlangsung penuh hikmat dalam nuasana keluargaan di aula Sasanakrida Kantor Gubernur Papua.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Provinsi Papua Tea Herry Dosinaen, Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki, Pangdam XVII/Cend Mayjen TNI G. Supit dan para pejabat utama Polda Papua.

Acara juga dihadiri Ketua FKUB Prov. Papua Pdt. Lipius Biniluk, Danlanud Jayapura, Danlantamal X Jayapura, Gubernur Bank Indonesia Perwakilan Papua, Pimpinan BUMN/BUMD, Forkopimda Prov. Papua, para tamu undangan dan personel Mapolda Papua.

Kegiatan yang diawali dengan Doa yang dibawakan oleh KH. Saiful Islam Al Payage, dilanjutkan tarian tradisional Papua oleh Bhayangkari Pengurus Daerah Papua.

Mantan Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH, dalam kesempatan tersebut mengaku banyak kenangan manis yang membuat dirinya berat hati untuk meningalkan Papua. Karena selama 16 bulan bertugas di Papua banyak kenangan manis yang sulit dilupakan.

“Saya dengan berat hati meninggalkan tanah Papua, karena telah banyak kenangan manis selama saya bertugas di tanah ini selama 16 bulan saya berada di Papua sebagai Kapolda. Sangat sedih meninggalkan orang-orang yang luar biasa yang ada di Papua ini,” ujarnya

Lebih lanjut dirinya berharap dukungan dan doa dari masyarakat Papua untuk tugas yang baru sebagai Wakalemdiklat Polri. Sementara itu ibu Irawati Boy Rafli, mengaku tertarik dengan Papua karena memiliki keindahan dan keunikan, terutama tas Noken, yang telah mendapat pengakuan dari UNESCO. Sebagai bentuk kepedulian terhadap tas Noken, pihaknya telah mendirikan rumah noken Papua yang bekerjasama dengan Mama-mama Papua.

“Adapun upaya kami, kami telah mendirikan rumah noken di Wamena Papua untuk itu kami telah bekerja sama dengan mama-mama Papua yg mengumpulkan bahan kulit kayu untuk bekerja sama dengan mereka dalam hal membuat noken, tas, rok dll. Kami ingin kerajinan di Papua ini dapat go internasional. Dapat dikenal di mancanegara. Bukan hanya di Indonesia,” ungkapnya

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin dalam kesempatan tersebut menyampaikan apriasi dan dukungan dari seluruh komponenn masyarakat Papua dalam menjalankan tugasnya sebagai Kapolda Papua, dengan cara melakukan komunikasi demi terciptanya rasa aman dan nyaman di tanah Papua.

“Sebagai Kapolda Kedepan kami mohon dukungan dari seluruh komponen masyarakat, kita dapat saling komunikasi demi terciptanya rasa aman dan nyaman di tanah ini. Mudah-mudahan saya dapat diterima sebagai warga Provinsi Papua sehingga dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dan berjalan dengan lancar,” pintanya

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Papua mengakui selama 16 bulan Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar MH bertugas di Papua, telah suskes dan berhasil mengamankan pesta demokrasi di tanah Papua yang aman dan damai.

“Ini semua merupakan kerja keras Polda Papua dan seluruh elemen masyarakat yang ada di Papua. Kami juga berterimakasih kepada ibu Boy Rafli yang telah mengenalkan kreasi Papua ke pada dunia yaitu dengan tas noken dll. Terimakasih banyak,” ucapnya.(riy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here