JAYAPURA, Reportasepapua.com – Dua kapal milik PT Pelni Cabang Jayapura kembali mengangkut penumpang masuk ke Jayapura yaitu KM Labobar yang tiba di pelabuhan Jayapura tanggal 7 Juli dan KM Dobonsolo yang tiba tanggal 9 Juli 2020.

KM Labobar mengangkut 700 penumpang dengan rute dari Surabaya, Balikpapan, Pantoloan, Bitung, Ternate, Sorong, Manokwari, Serui, Jayapura. KM Dobonsolo mengangkut 500 penumpang dengan rute dari Jakarta, Surabaya, Makassar, Bau-bau, Ambon, Sorong, Serui, Jayapura.

Rute KM Labobar untuk penumpang keluar dari Jayapura, Serui, Manokwari, Sorong, Ternate, Bitung, Pantoloan, Balikpapan dan Surabaya.

Sementara untuk KM Dobonsolo dari Jayapura, Serui, Sorong, Namlea, Makassar, Surabaya, Jakarta.

Kepala PT Pelni Cabang Jayapura, Harianto Sembiring mengatakan, kapasitas penumpang kapal Labobar sebanyak 2000 orang, sementara untuk kapal Dobonsolo sebanyak 1000 orang.

“Penumpang yang naik kapal tetap mengikuti protokol kesehatan dengan wajib menggunakan masker serta menjaga jarak,” terang Harianto. 

“Kapal Labobar itu harusnya dari Jayapura menuju Serui dan Nabire tetapi pelabuhan Nabire sampai sekarang belum di buka jadi dilewati,” sambungnya.

Harianto menyampaikan, syarat untuk membeli tiket untuk penumpang yang ingin keluar Papua harus ada surat pernyataan dari Pemda tidak kembali ke Papua selama 1 tahun.

“Kemudian melakukan Rapid test dan hasilnya non reaktif. Jika hasilnya reaktif tidak di layani dan tidak akan di keluarkan hasil rapid test nya,” imbuhnya.

Penumpang dapat melakukan Rapid test mandiri di halaman kantor Pelni dengan membayar Rp325.000 yang berlaku selama 14 hari. (Ananda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here