SENTANI, Reportasepapua.com – Hasil pengambilan sampel terhadap 221 orang di Jalan Mambruk Pasar Lama Sentani ditemukan ada 16 orang yang teraktif, sedangkan di BTN Citra Buana dari 100 sampel diketahui ada empat orang yang reaktif.

Selain di dua lokasi itu, pengambilan sampel juga dilakukan di BTN Darsua Doyo Baru terhadap 19 orang. Namun semua sampel yang diperiksa itu tidak ada yang reaktif atau dianggap negatif.

Juru bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 (Coronavirus) Kabupaten Jayapura, dr. Khairul Lie mengungkapkan tim medis melakukan tracing di beberapa lokasi seperti di Jalan Mambruk Pasar Lama Sentani, BTN Citra Buana dan BTN Darsua. 19 sampel yang diperiksa di BTN Darsua itu negatif dan hasil tracing di Jalan Mambruk Pasar Lama Sentani dengan BTN Citra Buana, reaktif atau bereaksi positif.

“Kalau kabar baiknya, tidak ditemukan kasus positif baru pada hari ini. Untuk komulatif pasien positif Covid-19 di Kabupaten Jayapura tetap 31 kasus. Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) alami pengurangan, 40 dinyatakan telah keluar dari daftar ODP berdasarkan hasil Rapid Test dan telah melewati masa inkubasi, kemudian untuk negatif 47 dan sembuh masih tetap 9,” ungkap Khairul Lie yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, melalui rekaman videonya yang diterima wartawan media ini, Selasa (28/4/2020) malam.

Selain itu, Khairul Lie menambahkan, tim surveilans telah menyisir dan memeriksa lokasi tertentu  seperti di Jalan Mambruk Pasar Lama Sentani dan BTN Citra Buana, yang mana kedua wilayah tersebut sedang dikarantina.

“Daerah yang dikarantina tetap dilakukan pengawasan selama 24 jam secara bergantian, ketua tim gugus kita tetap lakukan monitoring secara terus menerus,” jelasnya.

“Tim disinfektan juga telah lakukan kegiatan disinfeksi di Pasar Lama Sentani, BTN Darsua, BTN Marasai, Pusat Pertokoan depan Yonif 751 Sentani. Jadi ada empat lokasi yang dilakukan disinfeksi pada hari ini,” imbuh Khairul Lie menambahkan.

Selain itu, kata Khairul Lie, tim promosi kesehatan (Promkes) juga telah bergerak ke Distrik Depapre bersama tim gugus tugas Covid-19 Distrik Depapre lakukan promosi kesehatan dengan menempelkan stiker promosi kesehatan di tempat umum termasuk berikan penyuluhan ke masyarakat setempat tentang 6 langkah cara mencuci tangan dengan benar.

“Tim pelayanan tetap melakukan pelayanan kesehatan baik di puskesmas, rumah sakit Yowari maupun di hotel sabang land. Petugas kesehatan yang bekerja di hotel sabang land tetap di bawah kendali rumah sakit, petugas kesehatan puskesmas terjun langsung ke lapangan untuk lakukan rapit tes si beberapa perumahan dibantu tim dari dinas kesehatan Kabupaten Jayapura,” tukasnya. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here