2020, Seluruh Puskesmas di Keerom Terakreditasi

0
263
Bupati Keerom MUH Markum, didampingi Kadis Kesehatan Kab Keerom, Pimpinan OPD serta petugas kesehatan saat berfoto bersama di depan Puskesmas Manem, Distrik Manem, Kab Keerom beberapa waktu lalu.

KEEROM, Reportasepapua.com – Guna meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat ditahun 2019 lalu Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom telah membangun 5 unit Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) diwilayah Kabupaten Keerom.

Dari 5 unit Puskesmas itu adalah, Puskesmas Arso Barat, Puskesmas Arso Kota, Puskesmas Manem, Puskesmas Pitewi dan Puskesmas Towe Hitam.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom dr. Ronny Situmorang berharap dengan dibangunya Puskesmas yang baru ini, Puskesmas di Keerom dapat terakreditasi, sehingga Puskesmas lebih professional dalam melayani masyarakat dengan sumber daya manusia (SDM) bermutu.

Kerana sesuia aturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, bahwa setiap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) wajib terakreditasi.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kab Keerom dr. Ronny Situmorang kepada wartawan saat ditemui di Kantor Bupati Keerom, Selasa (21/01).

“ Tahun 2019 lalu sebanyak 5 yunit Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di wilayah Keerom telah dibangun. Dari 5 yunit Puskesmas di akhir Bulan Januari 2020 ini semua telah selesai pekerjaanya,”ujar Ronny.

Dari 5 yunit pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Keerom tahun 2019, menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019.

Ronny menambahkan, berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 75 Tahun 2017 tentang akreditasi Puskesmas , bahwa ditahun 2020 seluruh Puskesmas wajib terekreditasi. “ makanya Puskesmas di Kab Keerom yang belum terekreditasi tahun 2020 ini berharap seluruh Puskesmas telah terakreditasi,”pungkasnya. (Rhy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here