JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM- Pesta pergantian tahun yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Papua, Dok II Jayapura, Selasa (31/12) berlangsung cukup meriah. Meski tak semeriah tahun-tahun sebelumnya, warga Ibu Kota Papua antusias menyambut tahun 2020.

Pesrta kembang api pergantian tahun di Papua ini dihadiri Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, Kajati Papua Nikolaus Kondomo serta Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal dalam sambutannya mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe mengatakan, Papua merupakan wilayah paling timur di Indonesia. Sehingga penyambutan tahun baru di wilayah Indonesia akan diawali dari tanah damai Papua.

Tos penyambutan tahun 2020.

Klemen Tinal mengharapkan seluruh warga Papua harus hidup rukun dan saling menanamkan rasa persaudaraan dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, dalam menyongsong tahun 2020.  

“Masyarakat harus bisa menunjukan bahwa Papua lebih dewasa yang mempunyai cita cita impian dari gunung, pesisir pantai, rawa sampai pulau-pulau dan kampung-kampung.Mudah-mudahan impian, cita cita kita dan harapan di tahun 2020 bisa terwujud dan bisa kita nikmati,” ucapnya.

Pada tahun 2020, lanjutnya, Pemerintah Papua memiliki lima harapan. Pertama, seluruh masyarakat Papua tanpa kecuali harus bergandengan tangan, baik tokoh agama maupun tokoh adat agar bisa membangun persatuan dan kesatuan kedamaian berbangsa dan bernegara.

Antusias warga Ibu Kota Papua menyambut tahun 2020.

Kedua, seluruh masyarakat Papua harus menjaga ketertiban dan keamanan. “Ini adalah tugas kita bersama, bukan hanya tugas TNI/Polri. Marilah kita bergandengan tangan,” ajak mantan Bupati Mimika ini.

Ketiga, Pemilukada 2020 diharapkan sukses terlaksana sehingga dapat terpilih pemimpin yang baik. Keempat, seluruh elemen masyarakat diharapkan turut mensukseskan PON XX.

“Sejarah dalam pimpinan bapak Lukas Enembe (Gubernur Provinsi Papua) baru pertama Papua dipercaya menjadi tuan rumah PON XX,” tuturnya.

Kelima, Papua diharapkan bisa menjadi contoh untuk daerah lainnya di Indoensia. Misalnya terciptanya rasa aman dan kedamaian di wilayah paling timur Indonesia ini.

“Melalui tekad dan generasi emas, mari buktikan bahwa Papua bisa menjadi contoh untuk daerah lainnya.  Mari kita tunjukan rasa damai di Papua,” tutupnya. (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here