422 Kendaraan Terjaring Razia, Dalam 9 Hari

0
Kasat Lantas Polresta Jayapura Kota AKP Junan Plitomo

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Sedikitnya ada 422 kendaraan yang berhasil terjaring oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Jayapura Kota sejak tanggal 10 – 19 Febuari 2019.

Kasat Lantas AKP Junan Plitomo, menerangkan 422 kendaraan baik roda dua maupun empat yang terjaring lantaran melanggar aturan lalulintas dan telah mendapatkan sanksi tegas berupa tilang.

“Semua kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas kami kenakan tilang tanpa terkecuali,” katanya, Rabu (19/2) sore.

Menurut AKP Junan, pelanggaran yang paling banyak ditemukan yakni pelanggaran tidak mengenakan helm serta tidak membawa kelengkapan berkendara.

“Pelanggaran mendominasi yakni roda dua dan paling terbanyak berboncengan tidak memakai helem baik yang mengemudi maupun dibonceng, selain itu juga tidak membawa surat-surat,” bebernya.

Ia pun menjelaskan angka pelanggaran lalulinta akan terus meningkat, apabila tidak adanya kesadaran tertib berlalulintas oleh pengendara di Kota Jayapura.

“ini hasil razia kami baik di Polsek maupun Polresta. Angka ini akan terus meningkat kalau tidak ada kesadaran tertib belalulintas,” tegasnya.

Tujuan pelaksanaan razia kendaraan ini sendiri menurut  AKP Junan, merupakan atensi pimpinan guna memanilisir angka kriminalitas kasus pencurian kendaraan bermotor dan pelanggaran serta angka kecelakaan lalulintas di Kota Jayapura jelang perhelatan pekan olahraga nasional mendatang.

“Ini merupakan langkah kami dalam menindak lanjuti perintah pimpinan, mengingat angka curanmor cukup tinggi begitu pula dengan pelanggaran serta angka kecelakaan di kota Jayapura pada khususnya,” ujar AKP Junan.

Ia pun menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya bagi pengendara di Kota Jayapura untuk taat berlalulintas mengingat razia kendaraan akan berlangsung hingga oktober mendatang dan tidak menutup kemungkinan selama tahun 2020.

“Taati aturan lalulintas itu penting, bukan untuk polisi melainkan untuk diri sendiri, lengkapi diri dengan melengkapi surat bekendara saat mengendarai kendaraan,” terangnya. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here