459 ASN Pemkab Jayapura Ikut Seleksi Calon Peserta Diklat Pim III dan IV

0
446
Sekda Kabupaten Jayapura, Yerry F. Dien menyampaikan sambutan dalam seleksi calon peserta Diklat Pim III dan IV di lingkungan Pemkab Jayapura, Jumat (14/12/2018). (yurie/reportasepapua.com)

SENTANI, Reportasepapua.com – 459 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mengikuti seleksi calon peserta pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklat Pim) Tingkat III dan IV, yang berlangsung di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, Kotaraja Dalam, Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Jumat (14/12/2018).

Sekda Kabupaten Jayapura Drs. Yerry F. Dien, M.Si, membuka secara resmi kegiatan seleksi calon peserta Diklat Pim III dan IV.

Acara yang diselenggarakan oleh BKPSDM Kabupaten Jayapura bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Papua itu juga dihadiri Sekretaris BPSDM Provinsi Papua Sewo Yohannes, Kepala BKPSDM Kabupaten Jayapura Aleks Rumbobiar dan sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Jayapura.

Sekda Kabupaten Jayapura, Drs. Yerry F. Dien, M.Si, mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) itu diwajibkan untuk mengembangkan diri sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

“Jadi, kewajiban dari setiap ASN itu adalah wajib untuk mengembangkan diri. Tentunya mengembangkan diri ini terkait dengan bagaimana peningkatan-peningkatan kinerja, sehingga tidak terlepas daripada barometer kinerjanya dalam setiap melaksanakan tugas,” kata Yerry kepada wartawan, usai pembukaan kegiatan Seleksi Calon Peserta Diklat Pim III dan IV di lingkungan Pemkab Jayapura.

Lanjut Yerry menambahkan, jika saat ini melihat dinamika kehidupan masyarakat dari sisi atau secara internal itu mengikuti arus globalisasi, daya saing serta tuntutan-tuntutan publik, maka ASN adalah menjadi satu tolak ukur bagi tatanan pemerintahan birokrasi.

Sekda Yerry juga mengatakan, bahwa terobosan dan juga inovasi-inovasi yang dilaksanakan tanpa dibentuk melalui seleksi-seleksi Diklat Kepemimpinan, maka dapat diartikan tidak tercapai secara profesional.

“Saya ingin terobosan dan juga inovasi-inovasi yang dilakukan melalui seleksi-seleksi Diklat Pi mini betul-betul bisa menjadi perubahan baru bagi setiap ASN dalam melakukan pelayanan yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) khususnya di Kabupaten Jayapura, karena pemerintah itu kepada masyarakat pelayanan adalah merupakan hal utama,” kata Yerry.

Yerry berharap para calon peserta dapat mengikuti tes tertulis hingga tes wawancara dengan tertib dan profesional.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Seleksi Calon Peserta Diklat Pim III dan IV, Johny Hokoyoku, S.IP, M.Si, mengatakan, kegiatan seleksi ini dimaksudkan untuk mengatur pelaksanaan penyelenggaraan seleksi calon peserta Diklat Pim III dan IV ASN di lingkup Pemkab Jayapura.

“Jadi, kegiatan tersebut bertujuan agar pelaksanaan Diklat dapat dilaksanakan secara terencana sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan,” jelas Johny Hokoyoku yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan SDM pada BKPSDM Kabupaten Jayapura dalam laporannya.

Untuk diketahui seleksi calon peserta Diklat Pim III dan IV ini diikuti sebanyak 459 orang terdiri dari Pim III sebanyak 95 orang dan Pim IV sebanyak 364 orang. Sedangkan tim seleksinya berasal dari LAN (Lembaga Administrasi Negara) di Makassar dan BPSDM Provinsi Papua. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here