60 Calon Komisioner KPUD Ikuti Fit and Propertes

0
218

JAYAPURA,REPORTASEPAPUA.COM – 60 orang calon komisioner KPUD dari 6 Kabupaten mengikuti tes psikologi yang dilakukan KPU Papua di Hotel Horison Jayapura, Senin (3/1218).

Kepada Wartawan, Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay menjelaskan, fit and propertes itu, merupakan seleksi rekrutmen komisioner KPUD gelombang kedua yang diikuti 6 kabupaten.

“Pada seleksi gelombang kedua ini, sudah masuk tahap fit and propertes. Jika selesai, besok akan kita kirim ke KPU RI untuk menentukan lima besar komisioner KPUD pada 6 kabupaten itu,” jelas Theodorus Kossay.

Dikatakan, sebenarnya, pada gelombang kedua seleksi komisioner KPUD itu, ada 7 KPUD. Namun, 1 KPUD belum dilakukan lantaran masih menunggu petunjuk KPU RI.

“Jadi hari ini kita lakukan fit and propertes terhadap 6 KPUD yakni KPUD Kabupaten Mappi, Pegunungan Bintang, Nabire, Keerom, Kepulauan Yapen dan Supiori. Rencana sehari selesai, besok kita antar ke Jakarta,” paparnya.

Sebab kata Theo Kossay, pada 10 Desember 2018 batas terakhir untuk 6 kabupaten itu, sehingga diharapkan pada tanggal itu juga KPU RI melantik komisioner KPUD itu, agar kabupaten ini bisa terisi komisioner KPUD.

Apalagi tegas Theo Kossay, penentuan lima besar komisioner KPUD itu, menjadi kewenangan KPU RI, sesuai PKPU Nomor 7 Tahun 2018, semua tahapan dilakukan oleh KPU RI. Namun, ada perubahan PKPU Nomor 25 Tahun 2018 pasal 28 ayat 3 itu dikatakan KPU memberikan kewenangan KPU Provinsi untuk melakukan fit and propertes.

“Jadi, KPU Papua hanya melakukan 1 tahapan yakni fit and propertes saja. Tapi hasilnya segera kita kirim besok, lalu selanjutnya dalam waktu dekat kita berharap KPU RI menetapkan 10 Desember 2018 KPUD baru harus ada di kabupaten bersangkutan,” harapnya

Apalagi lanjut Theo Kossay, jika seleksi calon komisioner KPUD pada 13 kabupaten pada gelombang pertama telah dilakukan. Sedangkan, untuk 8 kabupaten seleksi calon komisioner KPUD telah selesai, bahkan mereka telah dilantik dan mengikuti orientasi tugas KPUD di Jakarta.

Sementara itu, untuk seleksi komisioner KPUD pada lima kabupaten di Papua belum dilantik, lantaran masih ada gugatan.

Untuk seleksi komisioner KPUD gelombang ketiga, diikuti 8 KPUD yang sudah masuk tahapan seleksi kesehatan minggu ini. kemudian wawancara, lalu dipilih 10 orang lalu dikirim ke KPU RI.

Selanjutnya KPU RI menunjuk KPU Provinsi untuk melakukan fit and propertest, kemudian dikirim ke KPU RI untuk menentukan lima besar.(TIARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here