WAMENA, Reportasepapua.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Jayawijaya menahan 9 kendaraan jenis Strada Triton yang mengangkut barang dari Jayapura ke Wamena melalui jalan darat Elelim Kabupaten Yalimo ke Wamena Kabupaten Jayawijaya. Selain itu juga Pemerintah Jayawijaya memberlakukan Karantina selama 14 hari bagi 16 orang, baik Sopir maupun Kondektur yang ikut serta membawa barang dari Jayapura ke wilayah kota Wamena.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua SE M.Si usai memberikan arahan kepada 16 orang di depan halaman RSUD Wamena mengatakan, setelah ditahan untuk mengikuti test kesehatan di RSUD Wamena, ke-16 orang tersebut nantinya akan menjalani masa karantina selama 14 hari di Gedung Betesda Wamena.

“Kita sudah tutup bandara, tapi ada lewat jalur darat, jadi ini kita jaga terus supaya jangan ada yang masuk,” ungkap Bupati Jayawijaya pada wartawan Selasa (7/04/2020) di Wamena.

Sementara Untuk pengawasan di Betesda nanti, Bupati mengakui, pihaknya akan menempatkan petugas dari tenaga Medis, Kepolisian, TNI, serta Satpol PP, tujuannya agar ODP yang sudah ditetapkan tidak keluar sembarangan dari lokasi karantina. Diakuinya, ke-16 orang yang akan menjalankan karantina di Betesda ini sudah melalui pemeriksaan atau Rapid Test oleh Tim Satgas Covid-19 di halaman RSUD Wamena.

Bupati Jhon Banua menjelaskan, untuk barang bawahan dan kendaraannya telah disemprot disinfektan oleh Petugas Kesehatan, dan untuk ke-16 orang baik sopir maupun kondektur telah menjalani pemeriksaan kesehatan, yang nantinya akan ditempatkan di Betesda Wamena, untuk menjalankan masa karantina selama 14 hari kedepan. Sementara itu dr. Indra Jaya mengakui, bagi ke-16 orang yang akan menjalani masa karantina telah melalui proses Rapid Test untuk tahap pertama/ selanjutnya untuk tahap kedua akan dilakukan Tim Medis setelah ke-16 orang tersebut menjalankan masa karantinanya selama satu minggu hingga 10 hari kedepan.
Ditambahkan dr. Indra, hasil pemeriksaan tahap awal bagi ke-16 orang yang ditahan negatif/ namun proses karantina tetap dilakukan oleh ke-16 orang untuk memastikan Jayawijaya bersih dari Covid-19.(Yanti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here