JAYAPURA, Reportasepapua.com – Bertempat di Ruang Cycloop Makodam XVII/Cenderawasih, Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Irham Waroihan mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab menerima kunjungan kerja dari Dubes Jepang untuk Indonesia, Jumat (21/02)

Dalam kunjungan kerja tersebut Dubes Jepang yang dipimpin oleh H.E.Mr.Ishii Masafumi menyampaikan rasa terima kasihnya atas sambutan yang diberikan oleh Kodam XVII/Cenderawasih kepada dirinya bersama rombongan.

Dubes Jepang juga menyampaikan bahwa kunjungan kerja kali ini merupakan kunjungan pertama kali saya secara resmi ke Papua dan ini juga untuk mempererat hubungan baik dibidang Kemiliteran antara Indonesia dan Jepang khususnya di wilayah Papua.

“Saya bersama rombongan ke Papua untuk mempererat hubungan dan kerjasama yang baik dibidang militer antara Indonesia dan Jepang khususnya di wilayah Papua,”Kata Dubes.

“saya kesini juga bertujuan untuk menanyakan masalah transportasi di Papua khususnya untuk militer di darat, laut dan udara dan saya juga bertanya tentang tugas Kodam XVII/Cenderawasih di Papua ini” tambahnya.

Lebih lanjut, alasan terpentingnya bersama rombongan mengunjungi Papua untuk mengurai tulang belulang warga/prajurit Jepang pasca perang dunia ke 2 yang berada di Papua, karena betapa pentingnya untuk mengembalikan tulang belulang tersebut ke Jepang (Repatriasi), sebab ada keluarganya di Jepang yang menantikan tulang belulang tersebut.

“Dan klo memang diperbolehkan proses pencarian tersebut akan di mulai pada musim panas tahun ini, maka dari itu saya meminta bantuan dari Kodam untuk memberikan bantuan pengamanan dan perlindungan warga Jepang yang akan mencari tulang belulang tersebut,” pintanya.

Menanggapi permintaan serta pertanyaan tersebut, Kasdam XVII/Cenderawasih menyampaikan bahwa “Saya selaku Kasdam XVII/Cenderawasih yang mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dubes sudah berkenan hadir ke Papua untuk mempererat kerjasama antara Indonesia dan Jepang, khususnya di wilayah Papua,”Ucap Kasdam.

Sementara untuk masalah tugas di Kodam di Papua , Brigjen Irham menjawab bahwa tugas utama Kodam XVII/Cenderawasih adalah untuk membantu meningkatkan masyarakat Papua agar lebih sejahtera

Untuk membantu pengamanan dan memberikan perlindungan warga Jepang yang akan mencari tulang belulang warga Jepang yang gugur/meninggal di wilayah Papua, Kodam Cenderawasih akan membantu semaksimal mungkin dalam proses pencarian tersebut namun tetap berpedoman pada norma dan aturan yang berlaku. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here