JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Aparat Berhasil Mengamankan 34 Orang yang diduga anggota Komite Nasional Papua Barat dan Tentara Pembebasan Nasional -Papua Barat saat Akan Menuju ke Sebuah Lokasi di waena Untuk Melakukan Upacara dalam Rangka 1 Desember Hari ini.

Dari Data yang diperoleh, Bertempat di depan Pos Pos Patwal Pati 1 Sentani telah di sita puluhan pasang pakaian loreng ( Komite Nasional Papua Barat dan Tentara Pembebasan Nasional -Papua Barat ) dan beberapa alat tajam dari puluhan masyarakat, kemudian Pukul 21.40 Wit, anggota tim Paniki Polsek Sentani Kota melaksanakan mobile di seputaran jalan baru atas hingga jalan Pos 7 Atas Sentani guna mengantisipasi kelender kamtibmas tanggal 01 Desember 2019 di tengah perjalanan tim mendapat informasi ada puluhan kelompok KNPB dan TPN-PB menggunakan 1 ( satu ) trek dari bergerak dari arah kompleks Wamsel menuju arah Waena.

Pukul 22.00 Wit, anggota gabungan TNI-POLRI memberhentikan trek tersebut dan melakukan pemeriksaan baik kendaraan yang di gunakan maupun barang bawaan penumpang sehingga di dapatkan 2 pasang pakaian loreng berlambang Bintang Kejora dan 3 buah alat tajam.

dari pantauan di lapangan , Melihat adanya temuan tersebut anggota gabungan TNI- POLRI mengamankan semua masyarakat tersebut ke Mapolsek Sentani Kota untuk di lakukan pemeriksanaan lebih detail terhadap barang – barang bawaan dalam pemeriksaan barang bawaan dan di temukan sebagian besar membawa pakaian loreng berlambang Bintang Kejora, selanjutnya di lakukan pendataan keseluruhan masyarakat tersebut beserta barang bawaan masing – masing.

sementara keseluruhan barang bukti yang di amankan sbb :
a. 1 ( satu ) unit mobil truk warna Kuning DS 7739 JL
b. 3 ( tiga ) buah parang panjang
c. 2 ( dua ) buah kertapel
d. 2 ( dua ) buah badik
e. 1 ( satu ) buah sangkur
f. 18 ( delapan belas ) buah celana loreng panjang ( loreng KNPB dan TPN-PB model PDL II )
g. 19 ( sembilan belas ) buah baju loreng beserta lambang Bintang kejora dan lambang TPN-PB ( Model PDL II )
h. 6 ( enam ) buah baju kaos loreng
i. 1 ( satu ) buah rompi loreng ( penahan angin )
j. 2 ( dua ) buah topi loreng
k. Beberapa Dokumen yang berhubungan dengan Papua merdeka.

Dari hasil introgasi awal terhadap koordinator massa Yohan Bay di peroleh informasi bahwa tujuan mereka turun ke Jayapura Kota untuk melakukan aksi pada tanggal 01 Desember 2019 atas perintah dari Sdr. Alex Makabori sebagai kolonel kepala staf angkatan darat TPN-PB.

Jumlah masyarakat yang di amankan di Mapolsek Sentani Kota sebanyak 34 ( tiga puluh empat orang ) di mana 6 ( enam ) di antaranya telah di lakukan pemeriksaan oleh unit Reskrim Polsek Sentani Kota terkait dengan kepemilikan senjata tajam. (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here