MIMIKA, REPORTASEPAPUA.COM – AKBP IG. G Era Adhinata sejak hari ini, Senin (11/11) mulai melaksanakan tugasnya sebagai Kapolres Mimika menggantikan AKBP Agung Marlianto. Kedatangan Kapolres Mimika didampingi isteri Metta Rizki Amalia Adhinata disambut barisan pedang pora di depan pintu gerbang utama kantor Polres Mimika, Mile 32, Senin (11/11/2019)Pagi.

Usai tradisi pedang pora, Kapolres Era dan isteri disambut ucapan selamat datang dan penggalungan bunga oleh Wakapolres Mimika Kompol I Nyoman Punia, S.Sos, Secara bergantian, Kapolres Era kemudian menyalami seluruh anggota Polres Mimika, Brimob Kalteng, Brimob Kaltim dan juga jumlah anggota TNI-AD Kodim 1710 Mimika yang turut serta menyambut kedatangannya.

Saat menggelat apel pasukan, Kapolres  mengatakan selama 8 tahun terakhir ia bertugas di lapangan sehingga ketika akan menggunakan pakaian lengkap kesatuan, ia harus melihatnya di google. Saya walaupun kemarin dinas di Polda Metro sebagai Kasat Narkoba tapi hanya satu hari. Setelah itu saya langsung ke Papua dalam rangka pembebasan sandera hingga saat ini.

“Di momen ini ia juga mengajak semua anggota Polres Mimika untuk mendoakan kesembuhan AKBP Agung Marlianto, SIK.MH. Kapolres  saat memimpin apel pasukan ini merupakan pertama saya, kemarin Kapolres lama, senior saya AKBP Agung Marlianto tidak bisa hadir dalam serah terima di Jayapura karena kondsi kesehatan yang tidak memungkinkan. Kita semua berdoa agar Tuhan memberikan kesembuhan kepada beliau,” ungkap Kapolres.

Ia menegaskan agar semua anggota Polres Mimika harus memahami dan mengetahui situasi Papua akhir-akhir ini. Ia berharap agar hal sekecil apapun harus segera diselesaikan.

“Kebijakan saya disini tidak akan berbeda jauh dengan Pak Agung. Ini berat bagi saya karena ia telah memberikan yang terbaik bagi Mimika dan mendapatkan pengakuan dari semua masyarakat. Saya akan teruskan semua perjuangannya itu. Tidak banyak berubah yang sudah bagus saya maksimalkan yang perlu untuk ditingkatkan, akan saya tingkatkan,” tambah Kapolres

Kapolres juga berharap agar semua anggota mendukungnya selama bertugas di Mimika. Ia juga meminta mereka untuk meningkatkan kerjasama dengan semua instansi yang ada terutama TNI dan pemerintah daerah.

“50 persen dari kalian saya sudah kenal. Kedepan kita harus saling kerjasama bukan hanya lingkup polri tapi dengan semua jajaran terkait dan instansi yang ada,” harapnya.

Kapolres juga menyampaikan bahwa Rabu (13/11) nanti akan ada pertemuan yang melibatkan seluruh pimpinan daerah, TNI dan Polri bersama Mendagri Tito Karnavian. Pertemuan dengan mendagri untuk membangun Indonesia ke depan. Ini menunjukan bahwa TNI Polri tidak bisa bekerja sendiri harus bersinergi dengan yang lain. Untuk menjamin pembangunan dan pemerataan di Papua, tidak bisa terlaksana tanpa situasi yang aman,” tandasnya.

Usai apel bersama, Kapolres langsung melakukan pertemuan Laporan Satuan Polres Mimika dengan semua jajaran perwira Polres Mimika guna memantau perkembangan situasional terkini di Kabupaten Mimika. (Anto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here