Jayapura, reportasepapua.comSetelah sempat tertunda akhirnya lima Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Pergantian Antar Waktu (PAW) resmi dilantik oleh Ketua DPR Papua, Yunus Wonda.

Pelantikan PAW ini dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPR Papua dalam rangka pengucapan sumpah/janji pengganti antar waktu anggota DPR Papua sisa masa jabatan 2014-2019 Jumat (11/1/19) semalam.

Adapun nama anggota DPR Papua PAW dua kader Gerindra yang akan dilantik yaitu Irenius Liku Bolly akan menggantikan Yanni dan Ronald Engko menggantikan John Ibo.

Sementara dari Partai Hanura, Yan P Mandenas akan digantikan Letinus Jikwa, Stefanus Kaisiepo diganti Ino Sentia Gebze dan Wilhelmus Pigai digantikan Adolfina Dimara.

Setelah pelantikan Ketua DPR Papua, Yunus Wonda kepada Wartawan mengatakan, proses pelatikan PAW pada hari ini, bagi kami pimpinan DPR Papua hanya melaksanakan keputusan Menteri dalam Negeri.

“SK yang sudah ada,sehingga pimpinan DPR mempunyai kewajiban untuk melaksanakan melantik anggota DPR Papua PAW,” jelasnya.

Namun Politisi Partai Demokrat ini menegaskan, bahwa persoalan ada yang tidak setuju dan keberatan silakan di proses, dan sekali lagi kami pimpinan DPR berkewajiban untuk melaksanakan SK Mendagri.

Apalagi lanjut Yunus Wonda, SK Mendagri tidak keluar begitu saja, karena pasti ada persyaratan dan lampiran-lampiran dan akhirnya keluarlah SK tersebut.

“Jadi kalau ada yang tidak setuju dengan pelantikan dihari ini lalu kemudian salakan pimpinan, saya rasa itu keliru dan silahkan kalau mau proses, silakan proses SK Mendagri dan silahkan juga proses keputusan dari Partai,” tandas Yunus Wonda.

Sementara itu, hal senada dikatakan, Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen bahwa hari ini (Red. semalam) kita telah laksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji PAW lima anggota DPR Papua.

“Ini adalah salah satu tugas konstutisional yang diamanatkan oleh UU 23 tahun 2014 yang harus kita laksanakan,” ujar Hery.

Untuk itu, kata Hery Dosinaen, atas nama Gubernur dan seluruh jajaran Provinsi Papua memberikan apresiasi yang setingi-tinginya atas upaya yang dilakukan oleh DPR Papua.

Hery Dosinaen menambahkan, tentunya lewat mekanisme proses yang telah di amanatkan oleh UU sehingga kita bisa melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah janji PAW pada hari ini.

“Kami eksekutif juga meyampaikan selamat kepada lima anggota PAW yang sudah dilantik pada hari ini. Selamat bertugas dan membawakan amanat rakyat di lembaga ini,” tuturnya.(tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here