Amankan Pilkada Serentak, Kapolda Papua Barat : Kami Juga Siapkan 500 BKO Brimob Mabes Polri

Manokwari,Reportasepapua Com- Menjelang Pilkada kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati di 9 Kabupaten dan Kota Papua Barat.  Polda Papua Barat, menyiagakan 3.500 Personel amankan Pilkada.

“Jadi personel disiagakan amankan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang 3.500 personel. Di tambah personel 500 BKO dari Mabes Polri,” kata Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing melalui Karo Ops, Kombes Pol Tri Atmojo Marawasianto, Sabtu (17/10/2020).

Dia mengatakan, potensi konflik tinggi di Manokwari dan Bintuni, ada beberapa kerawanan lain. Tapi secara umum memang wilayah Papua Barat kondusif.

“Walaupun, Papua Barat di Kategorikan rawan namun dari pantaun kita hingga saat ini situasi terbilang kondusif. Tidak ada ancaman menganggu stabilitas keamanan,” katanya.

Menurutnya, Pilkada dengan head to head berpotensi rawan hal ini jadi atensi Polda Papua Barat.
“Untuk antisipasi head to head, terus memantau perkembangan situasi. Ini antisipasi,” ujarnya.

500 BKO Mabes Polri membekap pengamanan di Papua Barat, lanjut nanti kita perkembangan lebih lanjut kapan mereka disini.

“Rencanakan kita nanti persiapkan kalender kamtibmas, di wilayah Polda Papua Barat. Kemungkinan akhir November atau akhir Desember,” ungkapya.

Dijelaskan, penempatan BKO ini lihat perkembangan situasi dulu, nanti persiapkan personelnya.
“Kita tidak ingin wilayah Papua Barat, di ganggu oleh oknum- oknum tak bertanggung jawab. Kita ingin daerah ini tetap aman dan kondusif, jelang pilkada hingga pengumuman kepala daerah kondusif,” ucapnya.

Untuk penembalan personel di wilayah dianggap picu koflik lanjut dia, sesuai potensi kerawanan yang jelas Manokwari.

“Dan daerah- daerah lain seperti Bintuni, Kaimana, Teluk Wondama, dan Sorong selatan kita lihat situasi kondusif, aman walaupun 4 kandidat. Namun daerah lain diantisipasi,”kata dia.
Namun, lihat rawan head to head tapi tidak hanya itu saja, untuk penilain kerawanan Pilkada itu.

“Ada beberapa dinilai aspek kriminalitas, dan sebagainya itu jadi potensi- potensi yang kita dibertimbangkan lagi,”tuturnya.

Diterangkan, semua personel di Polda Papua Barat melaksanakan pengamanan dilakukan rapid test misalnha jika ada reaktif maka akan dilakukan periksa swap test.

“Antisipasi lain di masing – masing kabupaten mengelar Pilkada, setiap Polres siapkan APD, terdiri masker, sarung tangan, pesil, disiapkan personel melaksanakan pengamanan Pilkada,”pungkasnya.(Dhy)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,952FansSuka
2,766PengikutMengikuti
17,700PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles