Anggota SatPol PP Wondama Hilang di Hutan Maniwak, Keluarga Gelar Ritual Adat

Wondama, Reportase Papua.com – Anggota Pol PP Christian David Wamafma  dinyatakan hilang di hutan Maniwak, distrik Wasior Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat, sejak kamis, (5/11/2020) dini hari.

Terkonfirmasi hilang ketika keluarga David melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Basarnas Wondama.  Kanit Basarnas Unit Wasior, Yan Busclyn  jelaskan, keluarga David melaporkan kejadian tersebut kepada Basarnas setelah melakukan pencarian keluarga dan tidak menemukan David, sekitar jam 10 malam. Yan kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Basarnas Manokwari namun mendapat petunjuk tidak bisa melakukan pencarian pada malam itu juga.

“Kita terima laporan dari malam sekitar pukul 10; 00 (Kamis malam) dari pak Orgenus keluarga Korban, bahwa telah terjadi kehilangan orang yang merupakan keponakan dari pelapor. Kemudian kita tindak lanjuti, kita melapor ke Manokwari dan sesuai petunjuk aturan tidak bisa melakukan pencarian di malam hari sesuai aturan,”kata Yan.

Seteleh hari Jumat pagi, (6/11), Yan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan juga TNI koramil Wasior guna melakukan pencarian. Kejadian tersebut telah di laporkan ke Polsek kota Wasior.

“Dari Manokwari arahkan kita tindak lanjuti besok harinya (pagi). Jam 7 pagi tadi kita ke keluarga korban kita koordinasi lagi. dari keluarga korban, kita ke kepolisian karena ini merupakan korban hilang dari rumah dan pihak kepolisian sudah menerima laporan dari keluarga.Saat melapor malam, kita tidak bisa lakukan pencarian karena sudah aturan kalau memang mendadak bisa. Setelah kita ke polsek kita minta bantuan anggota polsek dan koramil Wasior, kita kembali berkumpul di rumah keluarga korban baru kita mulai pencarian,” jelas Yan.

5 Anggota Basarnas Wasior, angota polisi Polsek Wasior, anggota TNI koramil Wasior dan 3 peleton anggota Pol PP pada hari Jumat kemarin sudah melakukan penyisiran hutan, tempat korban sering kunjungi, tepatnya di belakang rumahhya namun belum mendapat titik terang.

“Kami beserta tim dan rekan satpol PP, Polisi dan TNI dan juga pihak keluarga, kami sudah berupya mencari korban, kemungkinan korban lari ke atas gunung. Kami sudah lakukan penyisiran sampai ke kebun korban di atas gunung, tempat korban beristirahat, namun belum ada tanda-tanda,”ujar Yan.

Penyisiran di lakukan pukul 08:00 sampai jam 12 siang, namun belum menemukan tanda-tanda jejak korban. Tetapi Yan mengaku salah satu anggota sempat melihat jejak korban namun setelah di ikuti jejak kaki korban hilang.Akhirnya keluarga korban bersepakat dengan tim pencarian gabungan melakukan pencarian dengan cara ritual adat Wondama, sebab keluarga Korban meyakini di hutan Maniwak masih ada kekuatan alam yang tak mampu di selami oleh mata manusia. Sesuai dengan kesepakatakan keluarga korban, tim berhenti melakukan pencarian, dan akan di lanjutkan pada Sabtu (7/11) hari ini.

“Pukul 12;00 tim kami kembali, tetapi belum melihat tanda-tanda, anggotaTNI sempat melihat jejak kaki tetapi sampai ke atas sempat hilang dan tidak ada lagi. selanjutnya kita istrahat sebentar dan keluarga korban koordinasikan dengan kami, akan dilakukan pencarian melalui adat sebab dihutan ini kekuatan alam sangat kuat,pencarian akan di lanjutkan pada besok hari” ujar Yan

Kasatpol Pol PP Pemda Wondama Forouk menjelaskan dirinya menerima laporan dari keluarga korban pada hari kamis jam 9 pagi. Dia langsung perintahkan 20 anggota Pol PP turut melakukan pencarian.

Selaku pimpinan, Forouk mengtakan David merupakan sosok pribadi pendiam, tidak banyak bicara dan tidak pemarah. Sebelumnya David ditugaskan jaga di SMA N I Wondama, namun pandemic covid-19 anggotanya itu dipindahkan, pengamanan kediaman bupati. David merupakan anggota Pol PP yang masih berstatus honor saat ini.

“saya terima laporan dari keluarga jam 9 pagi. David adalah salah satu anggota Pol PP honorer yang bertugas di SMA, tapi karena libur pandemi covid-19 sehingga kita geser jaga kediamana bupati. Anggota ini orangnya pendiam, tanang dan tidak pemarah” ujar Forouk.

Kasat Pol PP katakan dirinya menerima keterangan dari keluarga korban, sebelum kejadian tersebut David menderita sakit malaria Tropika dan di rawat di RSUD Wondama, sempat juga korban melarikan diri dari RS , namun berhasil di bawa kembali oleh petugas medis dan keluarga. Karena terpaksa, keluarga membawa korban pulang kerumah atas permintaannya sendiri.

Sesampainya di rumah, korban sempat larikan diri ke hutan,tepat di belakang rumah korban, namun sempat di cari dan di bawa kembali ke rumah oleh keluarga.

“Informasi dari keluarga sempat di rawat di RS karena sakit malaria tropika. dia sempat melarikan diri dari RS tetapi, berontak pulang, sehingga kaluarga buat pernyataan pulang ke rumah dan dirawat di rumah. Sampai di rumah malamnya korban alasan buang air kecil, tau-taunya lari ke hutan, naik kegunung, keluarga kejar dapat bawa kembali ke rumah. Sementara di rumah sefty, pintu rumah dan jendela di kunci.  Sekitar malam (kamis dini hari )dia keluar lewat jendela, keluarga sudah berupaya cari di pihak-pihak keluarga tapi tidak dapat makanya di laporkan,” jelas Forouk.

Selaku komandan Pol PP, Forouk berharap, siapa saja yang menemukan korban dapat di laporkan langsung ke pihak kepolisian atau Pol PP atau tim Sar dan pihak keluarga.

“Kami harap, bila ada masyarakat yang berkebun disekitar hutan ini, dan temukan anggota kami dapat di laporkan ke pihak keluarga atau kepolisian, Pol PP dan juga Sar,”ujar Forouk.

Pantauan awak media Reportase Papua.com, pencarian secara ritual adat telah di lakukan oleh pihak keluarga. Salah satu tetua adat memberikan syarat dan menggunakan bahasa daerah Wondama memohon petunjuk dari alam sekitar hutan dimana korban hilang.

Selain membacakan doa dan memohon petunjuk alam itu sendiri, di piring adat tampak  disajikan pinang, sirih, kapur serta tembakau sebagai syarat ritual adat mencari seorang David. (SR)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,718FansSuka
2,735PengikutMengikuti
17,400PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles