Wamena, reportasepapua.com – Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua minta kepada seluruh masyarakat untuk bisa memeriksakan diri secara mandiri baik ke Puskesmas terdekat maupun rumah sakit, jika memiliki gejala batuk, demam bahkan sesak nafas. Menurut dia, pemerintah daerah telah melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat baik melalui dinas kesehatan, rumah sakit hingga pihak keamanan bagi siapapun masyarakat terasa batuk, demam dan sesak nafas sebaiknya cepat ke Puskesmas atau rumah sakit atau posko Covid-19 yang ada untuk memeriksa diri.

“Ini harus kesadaran kita, jangan kita anggap bahwa demam atau batuk biasa, sebaiknya mengambil langkah untuk ke rumah sakit atau Puskesmas terdekat atau posko Covid-19 yang sudah ada,” tegas bupati.

Hal itu perlu dilakukan, meskipun tidak ada riwayat berpergian dari daerah terpapar virus.

“Karena sudah ada dua OTG tetapi positif, berarti biar tidak pernah keluar pun karena ada batuk atau demam harus periksa ke rumah sakit atau Puskesmas terdekat untuk periksa diri,”katanya.

Sementara itu Direktur RSUD Wamena, dokter Felly Sahureka menambahkan kendala yang terjadi adanya masyarakat yang enggan mengakui jika pernah atau baru dari luar Wamena, dimana seakan menyembunyikan padahal akan berdampak ke banyak orang. (Yanti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here