YAPEN, REPORTASEPAPUA.COM – Guna membekali para generasi muda penerus bangsa, agar menjadi generasi muda yang handal dan dapat menjadi kebanggaan bagi orang tua, masyarakat serta Bangsa dan Negara. Babinsa Koramil 1709-03/Warbah Kopda D. Bram Logof memberikan Wawasan Kebangsaan kepada murid-murid di SD YPK Waren, Pada Selasa (26/02/2019).

Pemberian materi tentang Wawasan Kebangsaan ini bukan hanya diberikan kepada tingkatan sekolah menengah atau atas saja. Namun juga kepada sekolah dasar yang merupakan jenjang pendidikan paling dasar yang tentunya memiliki posisi yang paling strategis dalam membentuk mental dasar dan perilaku generasi muda bangsa ini.

Pada fase usia seperti mereka ini, tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan yang memadai, untuk mewarnai perjalanannya meraih cita cita di masa yang akan datang. Dan tentunya materi yang diberikan pun disesuaikan dengan sekolah mereka itu sendiri, serta disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami agar para murid-murid dapat mengerti dan juga dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Wasbang yang diberikan meliputi pengenalan kepada lambang negara, isi dari Pancasila, tata cara penghormatan kepada bendera merah putih, kedisiplinan dan juga menumbuhkan sikap saling menghormati baik kepada guru, orang tua dan juga kepada sesama.

“Kami juga memberikan pemahaman kepada murid-murid bahwa kegiatan belajar seperti yang mereka lakukan, juga merupakan bagian dari perjuangan dalam mengisi kemerdekaan. Sehingga tumbuh rasa bela negara, rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan sehingga mampu menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan NKRI,” tutur Kopda Logof.

Selanjutnya Bapak Melkias Mabuai selaku Wakil Kepala Sekolah SD YPK yang turut serta mendampingi Babinsa dalam memberikan materi belajar Wawasan kebangsaan mengungkapkan bahwa, tambahan ilmu pengetahuan yang diberikan oleh Babinsa ini, semoga dapat menambah bekal ilmu dan wawasan yang berguna dan bermanfaat bagi anak didik kami di kemudian hari.

“Ini penting sekali sebagai bekal tingkat dasar bagi anak anak kami agar mereka menjadi generasi muda bangsa yang dapat dibanggakan kita semua. Kami juga berharap, di lain waktu dan kesempatan ke depannya kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan berkesinambungan,” ungkapnya.(redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here