JAYAPURA, reportasepapua.com – Bawaslu Provinsi Papua menggelar apel siaga dalam rangka pengawasan pungut hitung Pemilu Serentak 2019 di bumi cenderawasih. 

Apel yang berlangsung di halaman kantor Bawaslu Papua yang baru (ex hotel Muspagco) di kawasan Entrop Kota Jayapura, Jumat (15/3) sore, dipimpin langsung oleh Komisioner Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar. Apel ini dihadiri oleh para anggota Bawaslu dari 29 kabupaten kota di Papua. Menarik, karena untuk pertama kalinya apel pengawasan dihadiri oleh perwakilan anggota Bawaslu dari seluruh Provinsi di Indonesia. 

Ketua Bawaslu Papua, Metusala Infandi dalam sambutannya menyatakan, kegiatan apel ini dalam rangka mempersiapkan diri untuk mengawal proses pungut hitung pemilu 2019 di Papua. 

“Ini akan menjadi tanggung jawab besar untuk kita semua terutama bawaslu dan juga kpu baik Provinsi dan kabupaten kota di Papua. Sebab sangat disadari bahwa peran pengawasan pemilu tidak akan berhasil,  jika tidak ada kesiapan dari pengawas pemilu (bawaslu) yang mengawasi setiap tahapan khususunya saat proses pungut hitung pada 17 april 2019 mendatang,” katanya. 

Menurutnya, dalam menjalankan tugas pengawasan tentunya tidak mudah untuk bagaimana memastikan semua tahapan tersebut dapat berjalan dengan baik.  Oleh karenanya sudah menjadi tanggung Bawaslu untuk kemudian bersinergi dengan KPU sebagai penyelenggara tekhnis pemilu. 

“Apel ini juga sebagai persiapan pengawasan, bagaimana mengukur kesiapan bawaslu dalam pemilu mulai tingkat provinsi hingga kabupaten kota,” akunya.

Lanjut ujarnya, sinergitas antara bawaslu dan KPU, pemerintah daerah serta TNI Polri sangat dibutuhkan dalam rangka mensukseskan pemilu serentak 2019 di Papua dimana akan digelar bersamaan Pemilihan Presiden, Legislatif dan DPD. 

“Harapan kami pemilu kali ini dapat terselenggara dengan baik, demokratis, dan memberikan rasa keadilan kepada semua peserta pemilu, itulah yang yang dibutuhkan,” harapnya.

Komisioner Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar dalam amanahnya meminta semua anggota Bawaslu mempersiapkan diri dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Masa  kampanye akan segera meningkat, masa pendistribusian logistik pemilu akan tiba, dan hari pemungutan suara akan segera tiba. Apa yang telah dilakukan selama ini akan semakin diuji. Kalau selama ini mungkin diangggap tidak ada tekanan, maka akan ada tekanan datang lebih  besar. Oleh karenanya solidaritas sesama anggota bawaslu penting,” pesannya.

“Ketahuilah kami bawaslu pusat akan selalu melihat dan megawasi apa yang terjadi di setiap daerah jadi bapak ibu sekalian jangan takut yakinkan bahwa kalian adalah penyelenggara negara, yang telah diberikan tangung jawab untuk melaksanakan pengawasan dalam pemilu,” sambungnya. 

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa Provinsi Papua, Musa Isir yang hadir mewakili Gubernur menegaskan bahwa pemerintah daerah siap mendukung pelaksanaan pemilu 2019 di Papua. Baik dari sarana prasarana juga anggaran

“Pemerintah daerah pada prinsipnya siap melaksanakan tugas yang diamanatkan undang undang seperti menyiapkan penyelenggara pemilu termasuk sarana dan prasarana yang diperlukan,” katanya

Musa berharap pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan aman dan lancar sesuai yang diharapkan. 

“Kesalahan yang lalu (pemilu sebelumnya) dalam tahapan, kita harapkan pemilu kali ini dengan semangat demokrasi, dengan adanya bawaslu, pelanggaran bisa diminimalisir,” harapnya(berti) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here