JAYAPURA, REPORTASEPAPUA COM – Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) kini telah hadir di Papua. Wadah bagi perusahaan pembiayaan ini sebelumnya bernama Asosiasi Leasing Indonesia (ALI) secara nasional telah berubah nama menjadi APPI pada 20 Juli 2000. Di Papua, APPI baru terbentuk beberapa bulan lalu walau telah direncanakan sejak dua tahun lalu.

Ketua APPI Papua yang juga Head of Branch SSD PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk , Boyke G. Mekel mengatakan, APPI adalah asosiasi resmi yang beranggotakan seluruh perusahaan pembiayaan yang telah terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di Papua, anggota APPI diantaranya PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, PT BFI Finance Indonesia Tbk, Astra Credit Companies (ACC), Sinarmas Finance, PT Busan Auto Finance (BAF), PT federal International Finance (FIF), Mandiri Tunas Finance, Batavia, PT Indomobil Finance Indonesia (IMFI), PT Batavia Prosperindo Finance (BPF), PT Mandala Multifinance, dan SMS Finance.

“APPI siap memfasilitasi pemerintah dan masyarakat melalui sosialisasi dalam mengembangkan ekonomi masyarakat. Forum ini juga terbentuk agar sesama perusahaan pembiayaan bisa saling berbagi, terlebih jika ada masalah hukum,” jelas Boyke.

Sekretaris APPI Papua yang juga Corporate Manager 158 BFI Jayapura, Ilham menyampaikan harapan dengan hadirnya APPI di Papua menjadi jembatan sehingga perusahaan pembiayaan benar – benar sesuai fungsinya membangun ekonomi masyarakat.

“Bukan hanya perusahaan pembiayaan yang tumbuh, tapi bagaimana harapannya ekonomi masyarakat bisa terbantu dengan adanya perusahaan – perusahaan pembiayaan. Sudah pasti kita mengikuti hukum yang berlaku di Indonesia,” ucap Ilham.

“Salah satu program APPI bersama OJK adalah ingin memberikan pemahaman bahwa perusahaan pembiayaan memberikan dampak positif kepada masyarakat. Prinsipnya, kami ingin memperkenalkan kepada masyarakat bahwa sebenarnya perusahaan pembiayaan akan membantu masyarakat,” lanjut Ilham. (Ananda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here