Bantu Warga Kurang Mampu, LBH Papua Justice & Peace Gelar Sosialisasi Bantuan Hukum Gratis di Lapas Perempuan Kelas III Jayapura

0
127

KEEROM, REPORTASEPAPUA.COM – Dalam upaya Memenuhi salah satu tugas dan Tanggung Jawab Memberikan Pelayanan hukum cuma-cuma, Lembaga Bantuan Hukum Papua Justice & Peace mengadakan Sosialisasi Bantuan Hukum Cuma-Cuma (Gratis) di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Jayapura – Kabupaten Keerom pada hari Jumat 26 Maret 2021.

Dalam pemaparan materi yang merujuk kepada undang-undang No. 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum, Tim LBH Papua Justice & Peace menekankan beberapa point utama,  dalam hal pemberian bantuan hukum diantaranya adalah persamaan kedudukan setiap warga negara dihadapan hukum, syarat penerima bantuan hukum dan tanggung jawab negara dalam hal pembiayaan bantuan hukum.

Lebih lanjut Tim LBH Papua Justice & Peace menjelaskan bahwa persamaan kedudukan setiap warga negara dihadapan hukum diwujudkan dengan pelayanan bantuan hukum yang diberikan kepada siapa saja tidak membedakan gender, usia, suku, agama maupun ras, kemudian mengenai penerima bantuan hukum cuma-cuma yaitu mereka yang tergolong tidak mampu atau miskin serta pelaksanaan tanggung jawab negara dalam pembiayaan bantuan hukum yang diwujudkan dengan pemberian bantuan hukum cuma-cuma (gratis) sehingga masyarakat yang tidak mampu atau miskin tidak perlu mengeluarkan biaya.

Sosialisasi yang dimulai pagi kemarin diikuti oleh warga binaan sebanyak 32 orang, yang tentu saja semuanya adalah perempuan. Para warga binaan yang hadir diantaranya tersangkut kasus tipikor dan narkotika.

Dalam kesempatan ini Bovit Siregar, S.H. selaku advokat pendamping LBH Papua Justice & Peace meyakinkan bahwa LBH Papua Justice & Peace siap mendampingi warga binaan yang ingin mendapatkan bantuan hukum maupun yang ingin berkonsultasi tentang masalah hukum yang dihadapi.

“Bantuan hukum yang diberikan sifatnya cuma-cuma atau gratis bagi siapa saja yang termasuk dalam kategori tidak mampu, LBH Papua Justice & Peace tidak menerima imbalan dalam bentuk apapun, bahkan untuk biaya meterai ditanggung oleh negara” imbuhnya.

Sementara itu, pihak Lapas Perempuan yang di Pimpin oleh Sarlota Haay, S.H. selaku Kalapas Perempuan Kelas III Jayapura – Kabupaten Keerom dalam hal ini diwakili oleh Katinka Suwae (Kaur Tata Usaha) menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kesediaan LBH Papua Justice & Peace untuk menyelenggarakan sosialiasasi bantuan hukum cuma-cuma.

“Dan lebih lanjut ia menambahkan Sosialisasi ini Merupakan Sosialisasi yang Pertama kali Diselenggarakan di Lapas Perempuan Kelas III Jayapura – Kabupaten Keerom dan sangat membantu pemahaman para warga binaan dalam hal bantuan hukum cuma-cuma (gratis). (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here