JAYAWIJAYA, Reportasepapua.com – Pemerintah Jayawijaya akhirnya mulai melakukan Pembagian Bantuan Non Tunai, kepada Mama-mama Pedagang dipasar -pasar yang ada di wilayah Wamena, dimana dalam kesempatan pertama ini, pedagang dari Pasar Sinakma yang mendapat giliran pertama menerima bantuan yang bersumber dari Dana Desa atau APBD Kabupaten Jayawijaya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan (Disnakerindag) Jayawijaya DR. Lukas Kossay mengakui, Bantuan Non tunai yang disalurkan ini merupakan bantuan dari pemerintah daerah Kabupaten Jayawijaya lewat Dana Desa atau APBD kepada masyarakat khususnya mama -mama Papua yang berjualan dipasar yang merupakan sarana dan prasarana pemerintah dilayani.

Pedagang yang diluar dari pasar atau sering kali berjualan tidak dalam pasar tidak dilayani, bantuan ini diberikan agar memotivasi mama -mama Pedagang Papua untuk berusaha, artinya bantuan ini merupakan kebijakan dari Pemerintah daerah,ungkapnya Kamis (21/5) kemarin.

Untuk teknis pelaksanaannya, kata Lukas, dilakukan dengan melakukan pendataan kepada mama-mama pedagang yang berjualan di Pasar Jimaba, Sinakma, Potikelek dan Wouma, sehingga saat ini untuk yang mendapat giliran pertama yakni pasar Sinakma dengan jumlah pedagang 511 orang yang data, namun dalam pembagian ini ada miskomunikasi karena data tak akurat sehingga ada masalah penambahan warga.

Untuk pasar potikelek ada 400 pedagang mama-mama penjual sayur, sedangkan untuk jibama memang lebih besar dengan jumlah 870 pedagang, sementara untuk Pasar Wouma 200 pedagang, pembayaran yang dilakukan bertahap mulai dari hari ini, seperti saat ini dilakukan pembayaran untuk pedagang dipasar Sinakma, maka besok itu akan dilakukan pembayaran untuk pedagang pasar Potikelek. (Yanti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here