JAYAPURA, Reportasepapua.com – Tiga penumpang Kapal Motor (KM) Gunung Dempo yakni AS (26) PK (22) dan SU (19) terpaksa diamankan pihak kepolisian di Pelabuhan Laut Jayapura lantaran kedapatan membawakan narkotika jenis ganja, Selasa (7/1).

Dari tangan ketiga pelaku, Polisi berhasil mengamankan enam bungkus paket ganja kering asal Papua New Guinea yang hendak di bawa keluar Jayapura dengan tujuan Kabupaten Nabire dan Kota Sorong Papua Barat.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH.,S.IK.,M.Pd melalui Kapolsek KPL Jayapura, Iptu Enis M. Romony menerangkan ketiga calon penumpang tersebut diamankan di pintu embargasi penumpang di Pelabuhan Laut Jayapura, dimana ketika itu ketiganya melintas dengan gerak-gerik mencurigakan sehingga dilakukan pemeriksaan dan didapati narkotika jenis ganja.

“AS dan PK ditangkap terlebih dahulu, keduanya hendak berangkat dengan tujuan Kabupaten Nabire, kemudian berikutnya SU,” jelasnya, Selasa (7/1).

Setelah diamankan, Lanjut Iptu Enis ketiga pelaku beserta barang bukti langsung diserahkan kepada Satua Reserse Narkoba untuk ditindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku.

“Setelah kami amankan langsung kami koordinasikan dengan rekan-rekan di Sat Resnarkoba dan selanjutnya ketiganya di bawa ke Mapolresta Jayapura Kota,” bebernya.

Sementara itu Kasat Narkoba Polresta Jayapura Kota Iptu Zulkifli Sinaga, S.IK ketika dikonfirmasi membenarkan hal itu.

“Iya benar, ketiga pelaku saat ini sudah diamankan guna pemeriksaan lebih lanjut,” Bebernya ketika dikonfirmasi.

Kata Iptu Zulkifli, dari hasil pemeriksaan sementara pelaku AS dan PK rencananya akan membawa lima paket ganja kering tersebut ke Kabupaten Nabire untuk di edarkan, sementara pelaku SU rencananya mengedarkan di Sorong.

“AS dan PK merupakan rekan, sementara SU sendiri. Ironisnya pelaku SU saat ini masih berstatus pelajar di salah satu SMA ternama di Kota Jayapura,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, pihaknya saat ini masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui dari mana ganja tersebut didapatkan para pelaku. atas perbuatannya ketiga pelaku akan di undang – undang narkotika dengan ancaman 12 tahun penjara. (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here