JAYAPURA, Reportasepapua.com – Telkomsel buka suara adanya beberapa aksi protes, dan menurut Telkomsel, mereka telah melakukan pengembangan akses jaringan internet di Kabupaten Jayawijaya, Papua sebagai upaya pengembangan kualitas jaringan, sejak 16 Juni lalu jaringan Telkomsel di kabupaten tersebut telah terhubung dengan infrastruktur Palapa Ring Timur (PRT) berkolaborasi bersama Telkom Group.

General Manager Network Operation & Quality Management Telkomsel Maluku dan Papua, Adi Wibowo mengatakan, sebelumnya jaringan internet hanya menggunakan akses transport backbone melalui satelit (IDR).

“Diharapkan kualitas jaringan kedepannya sudah dapat lebih baik dibandingkan saat hanya mengunakan dukungan akses jaringan dari satelit (IDR) saja,” ucap Adi melalui keterangan tertulis, Selasa (23/6/2020).

Adi menambahkan, meskipun infrastruktur jaringan sudah terhubung dengan PRT, namun, Telkomsel tetap membutuhkan tambahan kapasitas bandwith yang memadai untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan di wilayah Papua secara keseluruhan.

“Oleh karena itu, Telkomsel bersama Telkom Group terus melakukan berbagai upaya dengan memaksimalkan seluruh aset yang tersedia,” kata Adi.

“Dan tetap berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait mulai dari Pemerintah RI melalui Kementerian Kominfo RI terutama Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dalam pengembangan jaringan telekomunikasi hingga wilayah 3T, sebagai pemenuhan memenuhi tanggung jawab perusahaan terhadap Kewajiban Pelayanan Universal (KPU) atau Universal Service Obligation (USO) yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” lanjutnya.

Telkomsel juga senantiasa selalu memperkuat kolaborasi bersama Pemerintah Daerah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya untuk dukungan percepatan pemerataan akses layanan telekomunikasi di seluruh wilayah populasi.

Ia juga berterima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan di seluruh wilayah Provinsi Papua yang telah menjadikan Telkomsel sebagai pilihan utama untuk akses layanan telekomunikasi.

Pihaknya juga berterima kasih kepada perwakilan elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Jayawijaya yang telah menyampaikan pendapat terkait kualitas jaringan di kabupaten tersebut.

“Dengan niat yang baik untuk terus bergerak maju, kami berkomitmen untuk mengakselerasikan kualitas jaringan dan layanan telekomunikasi di seluruh negeri tanpa terkecuali, termasuk di wilayah Kabupaten Jayawijaya dan Provinsi Papua secara keseluruhan,” terang Adi.

Menurutnya, Telkomsel akan terus memperkuat upaya terbaik dengan memaksimalkan seluruh aset perusahaan guna menghadirkan layanan telekomunikasi terdepan bagi pelanggan dari Sabang hingga Merauke, tanpa terkecuali Provinsi Papua termasuk Kabupaten Jayawijaya.

“Kami berkomitmen untuk tetap membangun Kabupaten Jayawijaya menjadi lebih maju melalui pemerataan akses telekomunikasi yang handal,” imbuhnya. (ananda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here