Belum Ditemukan Penambahan Kasus Covid-19 di Papua

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Juru Bicara Satgas Penanggulangan dan Pencegahan Satgas Covid-19 Provinsi Papua dr Silvanus Sumule mengatakan hingga Senin (6/4/2020) tidak ada perubahan dalam angka untuk angka positive covid-19 di Provinsi Papua.

Data yang dikumpulkan hingga malam ini, ditemukan 26 kasus positif pengidap Covid-19 dengan 45 Pasien Dalam Pemantauan atau PDP.
Selain itu juga ada kabar menggembirakan dalam jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yakni 3498 orang.

“Angka ini memang sudah semakin menurun, oleh karena berdasarkan data – data kita ada kurang lebih 2354 ODP yang sudah selesai masa pemantauan,”ungkapnya.

Namun lanjut dr Sil, walaupun sudah selesai masa pemantauan, mereka harus tetap mengisolasikan diri selama dua minggu kedepan. Jikalau ada keluhan – keluhan mereka harus melaporkan kepada petugas kesehatan.

Disisi lain 4 kabupaten masih terus dipantau diantaranya Kabupaten Mimika, Merauke, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Dimana Kota Jayapura dengan 12 kasus positif, dengan 8 perawatan 3 kasus sembuh dan 1 meninggal. “Belum ada perubahan dibandingkan dengan kemarin. Hal yang sama juga berlaku bagi Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke,”terangnya.

Untuk data hari ini tidak terlalu banyak pergerakan kecuali ada 1 PDP yang kemarin dalam keadaan sakit sedang dan hari ini terpaksa menggunakan alat bantu nafas, karena kondisinya agak buruk.
Selain itu juga ada 3 Pasien Dalam Pemantauan diawasi ketat dengan menggunakan alat bantu nafas/ventilator yakni 2 di Kota Jayapura dan 1 di Kabupaten Mimika.

Sementara itu menyangkut hasil laboratorium disampaikan, jumlah pemeriksaan laboratorium tidak berbeda dengan kemarin, yang dilaporkan 214 sampel. Akan tetapi hasilnya baru akan keluar Pukul 22:00 Wit nanti malam.

“Mudah – mudahan dari hasil pemeriksaan, kasus – kasus yang dikumpulkan hari ini kita berdoa agar tidak ada yang positif. Hasil ini akan kami umumkan besok malam,”tuturnya.

Lanjutnya semua kabupaten sudah memberikan hasil laporan yang baik terkait penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Besok pagi rencananya ada sejumlah penerbangan yang sudah disiapkan Satgas Covid19 Papua untuk menopang para medis yang ada di daerah Animha. Selain itu juga ada satu penerbangan khusus yang disiagakan untuk mengirimkan beberapa alat – alat kedokteran, termasuk juga dengan media – media pemeriksaannya yang berjumlah kurang lebih sebanyak 50.
Pengiriman besok pagi juga termasuk RDT yang akan dikirimkan. Merauke sejak masalah di pertama positif disana sudah bisa diselesaikan. Selain itu juga di Timika, dari informasi yang didapat sudah banyak upaya – upaya yang dilakukan oleh Bupati Eltinus Omaleng. Dimana juga sudah menyiapkan RDT atau Rapid test” pungkasnya. (berti)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,041FansSuka
2,836PengikutMengikuti
17,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles