MERAUKE, Reportasepapua.com – Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marzuki Berkesempatan dalam kunjungan kerjanya ke merauke memberikan arahan dan motivasi dalam melaksanakan tugas kepada personil TNI-POLRI dan turut hadir dalam kegiatan tersebut juga yaitu Kapolres Merauke AKBP Ary Purwanto,S.IK, Plt Sekda Merauke Ruslan Ramli, SE, Perwakilan Satuan TNI, Komisioner KPU dan Bawaslu Merauke, Selasa (01/09/2020).

Dalam arahannya, Wakapolda mengatakan bahwa Ada 2 Program Pemerintah yang mendapat perhatian utama Kepolisian yakni penanganan Pandemi Covid-19 dan Pengamanan Tahapan Pilkada Serentak tahun 2020.

“Dinamika Politik yang saat ini terjadi di wilayah Papua yakni banyaknya tuntutan hak asli Papua, untuk itu dalam mengamankan situasi politik agar dapat di kendalikan menjadi aman dan kondusif,disini saya sampaikam bahwa Unsur TNI/Polri harus netral,tidak boleh memerintahkan secara terstruktur dan tidak boleh menggunakan fasilitas Negara,” ungkap Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marzuki.

Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marzuki menambahkan dalam pengamanan Pilkada di Papua kebijakan Kapolda yakni preventif 90 % , dan penindakan 10 %, Untuk itu kita setiap permasalahan sengketa Pilkada kita harus mengedepankan Bawaslu, sehingga tidak ada laporan yang langsung ke Kepolisian.

Lanjut Terkait dengan penanganan Covid-19, saat ini pengumpulan massa sebagai kluster baru , khusus di Merauke elminirnya sangat baik dan sebagian kluster dari perjalanan luar kota.

“Dalam penanganan Covid tugas TNI/Polri salah satunya adalah untuk mendisiplinkan masyarakat dalam hal mengingatkan masyarakat untuk wajib melaksanakan protokoler kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak, selain itu kita wajib mendukung Pemda dalam menangani Covid-19,” ucap Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marzuki.

Diakhir arahan, Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marzuki berharap Sinergitas TNI dan POLRI di merauke semakij solid dan terus menjaga kekompakan yang sudah terjalin baik selama ini. (redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here