Bermain Sambil Belajar, Satgas TNI Kenalkan Budaya Seni Tari Di SD Perbatasan RI

0
34

OKSIBIL, REPORTASEPAPUA.COM  – Pos Okbibab yang berada di bawah kendali Kipur III (tiga) Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista, melaksanakan tugas perbantuan sebagai guru atau tenaga pendidik (Gadik) di SD YPPK Santa Maria Abmisibil, Kampung Abmisibil, Distrik Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam release tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Senin, (19/04/2021).

Dansatgas Letkol Inf Ade Pribadi Siregar mengungkapkan bahwa kegiatan dalam membantu proses belajar mengajar sebagai Guru atau Tenaga Pendidik (Gadik) di sekolahan sudah pernah diterapkan oleh Personel Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista pada saat masih di homebase Batalyon Yogyakarta, oleh karenanya dalam panggilan tugas kali ini kehadiran Satgas Pamtas diharapkan mampu berbagi pengalaman, ilmu pengetahuan serta wawasannya kepada anak-anak di daerah penugasan dan mengenalkan seni budaya dari Jawa sebagai wujud kepedulian serta bentuk partisipasi dalam menambah wawasan dan mencerdaskan anak – anak bangsa khususnya di wilayah perbatasan Papua.

“Membantu pihak sekolah dalam mendidik anak-anak di SD YPPK Santa Maria Abmisibil adalah salah satu program Satgas kami khususnya Pos Okbibab dalam upaya turut serta mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, dengan harapan mampu meningkatkan daya saing generasi muda bangsa yang berada di wilayah perbatasan untuk kelak dapat membangun dan mengembangkan potensi kampung halamannya lebih baik lagi dan meningkatkan rasa nasionalisme dengan mengenalkan budaya lainnya seperti seni budaya dari Jawa demi meningkatkan wawasan kebangsaan anak-anak dan masyarakat diwilayah perbatasan Papua,” jelas Ade.

Di tempat terpisah, Danpos Okbibab Letda Inf M. Makhasim menjelaskan bahwa telah memberikan tugas kepada personelnya yaitu Serda Anton Wibowo untuk melaksanakan tugas perbantuan Guru atau Gadik di Sekolah dalam lingkungan binaan Posnya dengan materi pelajaran wawasan kebangsaan, membaca dan menulis, selain itu juga mengajarkan pengenalan seni budaya kepada siswa – siswi SD YPPK Santa Maria Abmisibil.

“Saya telah memerintahkan personel Pos untuk membantu mengajar di SD Perbatasan RI. Hal ini bertujuan untuk memberikan wawasan, semangat baru dan meningkatkan motivasi juang kepada siswa-siswi untuk lebih giat dalam belajar di sekolah,”jelas Letda Inf Makhasim

“Siswa-siswi sangat antusias ketika anggota tim tenaga pendidik (Gadik) mengisi beberapa materi pelajaran diantaranya pelajaran pengetahuan Pancasila, pelajaran membaca dan menulis, pelajaran mengenal lagu-lagu wajib nasional serta pelajaran seni budaya dan tari, guna memberikan semangat serta motivasi baru kepada anak-anak dan mengenalkan seni budaya dari luar Papua sehingga menambah wawasan baru serta memacu siswa-siswi untuk lebih giat dalam belajar.” Imbuh Khasim.

Selain itu, salah satu guru SD YPPK Santa Maria Abmisibil Ibu Martha Kalase (48) mengungkapkan rasa senang dan bahagia atas kehadiran personel Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Okbibab karena telah rela meluangkan waktunya untuk melihat keadaan SD YPPK Santa Maria Abmisibil dan telah rela mengisi pelajaran dan berbagi ilmu pengetahuan, seni budaya kepada anak didiknya dan tidak lupa beliau mengucapkan terimakasih kepada Danpos Pos Okbibab dan Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista.

“Kami atas nama sekolah SD YPPK Santa Maria Abmisibil mengucapkan banyak terimakasih kepada adik-adik dari satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Pos Okbibab yang telah rela datang untuk melihat keadaan kami di SD YPPK Santa Maria Abmisibil dan telah rela memberikan pelajaran atau ilmu pengetahuan kepada anak-anak kami khususnya di kelas 2 (dua), yang telah mengajarkan berbagai pengetahuan terlebih khusus Seni Budaya.”jelas Ibu Martha. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here