JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – KPU Papua akhirnya Menetapkan tanggal Pencoblosan Distrik Wandae, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Pada 27 April 2019 adalah waktu pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Sementara dari pihak Bawaslu mengaku rekomendasi yang dikeluarkan adalah Pemilu Susulan karena tidak ada tahapan pencoblosan yang telah berjalan.

“Satu Indonesia Raya Ini Hanya Distrik Wandae Yang Belum Gelar Pemilu,” ujar Anggota Komisioner Bawaslu Papua, Ronald Michael Manoach, melalui sambungan telepon, Rabu (24/04/2019).

Berdasarkan fakta yang didapat Bawaslu, pengrusakan logistik yang dilakukan oknum Caleg dan massanya, terjadi saat logistik baru tiba dan tahapan Pemilu belum dimulai.

Namun ia mengapresiasi KPU Papua yang datang langsung ke Distrik Sugapa untuk menyelesaikan masalah di Distrik Wandae.

Untuk proses pendistribusian logistik pengganti, ia mengimbau KPU segera mendistribusikannya karena untuk mencapai Distrik Wandae logistik dari Nabire harus diterbangkan ke Sugapa dan kemudian didistribusikan kembali menggunakan pesawat ke Wandae.

Sementara itu Ketua KPU Papua,  Theodorus Kossay mengaku Agenda Pemilu di Distrik Wandae masuk kategori PSU karena aksi pengrusakan logistik dilakukan saat tahapan Pemilu sudah berjalan.

“Untuk Distrik Wandae 27 April akan dilakukan PSU di 34 TPS,” katanya.

Menurut dia logistik pengganti kini ada di Nabire dan Jayapura dan segera didistribusikan ke Wandae.

“Mulai besok didistribusikan. Sudah ada Komisioner dan Sekretaris KPU Papua yang turun langsung ke Sugapa,” ucap Theodorus. (redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here