JAYAPURA,Reportasepapua.com – Kepulauan Yapen (Serui) masuk tiga besar Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Papua dengan jumlah 178, dengan rincian Mimika peringkat pertama dengan jumlah ODP 1.258 kedua Kota Jayapura 885, ketiga kepulauan Yapen, keempat kabupaten Puncak 132 dan kelima Tolikara 130.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Corona virus Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule kepada wartawan senin malam, (06/07/20).

“Penambahan 178 ODP dari kepulauan Yapen adalah mereka yang bergerak dari kota jayapura menuju serui menggunakan kapal penumpang K.M DOBONSOLO pada Selasa (16/06/20) sekitar 454 orang, ” katanya.

Sementara itu, Jubir Satgas dr. Silwanus Sumule mengapresiasi penemuan ODP di kepulauan Yapen yang sedini mungkin, dan ini berarti bahwa kerja keras Dinas Kesehatan Kepulauan Yapen Serui telah mendapatkan hasil.

Untuk itu ia berharap agar 178 Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kepulauan Yapen dapat dilakukan karantina selama 14 hari ditempat yang telah disediakan oleh pemerintah daerah agar selanjutnya mereka bisa dilakukan Test Cepat Mulikuler (TCM)

” jadi angka ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah (Pemda) setempat sudah sangat tanggap untuk segera mengatasi masalah ini, ” pungkasnya

Nyaris Tembus 2000 Pasien Corona

Berdasarkan data pemeriksaan yang dikeluarkan juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, terdapat tambahan 37 pasien baru. Dengan demikian jumlah kumulatif warga di Papua yang terinfeksi virus asal Wuhan ini sebanyak 1.974 kasus, dimana 989 orang sedang dalam perawatan (50 persen), sebanyak 965 orang (49 persen) dinyatakan sembuh, dan meninggal 20 orang atau 1 persen

“Tambahan 37 kasus ini berasal dari Kota Jayapura ada 28 orang, Kabupaten Jayapura 2 kasus, dan Mimika 2 orang, Kerom 3 orang, Jayawiya 1 orang, dan Kepulauan Yapen 1 kasus,” kata Juru dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) saat memberi keterangan pers secara virtual dari Media Center Satgas Covid-19 Provinsi Papua, Senin (06/07/2020).

Menurut Sumule, terdapat juga tambahan kasus sembuh sebanyak 39 orang yaitu Kota Jayapura 18 orang, Kabupaten Jayapura 12 orang, Mimika 7 orang, dan Jayawijaya 2 orang.

Ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh tenaga kesehatan yang bekerja di sejumlah rumah sakit yang merawat dan menyembuhkan 39 pasien ini.

“Kita belum selesai dengan Covid. Penyakit ini masih menular di Papua. Kita butuhkan kerjasama, disiplin patuhi protokol kesehatan, dan hubungan kerja yang baik antara Pemda Provinsi dan kabupaten/kota,” katanya. (Berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here