JAKARTA, Reportasepapua.com – Binmas Noken merupakan salah satu satuan tugas khusus di lingkungan Polda Papua dan Papua Barat yang mengemban tugas untuk membangun kemitraan antara Polri dan masyarakat, mengedepankan pemecahan masalah serta mewujudkan sinergitas dengan masyarakat.

Kinerja Binmas Noken patut diacungi jempol karena kehadirannya telah mampu memberikan semangat baru kepada generasi muda papua agar lebih semangat dalam menuntut ilmu dan berkarya demi majunya Papua dan Papua Barat di masa mendatang. Selain memberi manfaat untuk generasi muda Papua, Binmas Noken juga terbukti memberi manfaat untuk para orang tua yaitu dengan mengajarkan cara bercocok tanam mengolah lahan yang semula merupakan lahan tidur, saat ini telah berubah menjadi lahan yang produktif. Hasil dari mengolah lahan tersebut dapat dijual sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat Papua dan Papua Barat.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Apresiasi Kinerja Binmas Noken

Komisioner Kompolnas Irjen Pol (Purn) Yonce Mende M.Hum pernah mengujungi dan melihat secara langsung perkembangan Spot Pertanian dan Spot Pendidikan Binmas Noken Polri di Kabupaten Timika beberapa waktu yg lalu. Yonce Mende yang didampingi oleh Kepala Sekretariat Kompolnas Brigjen Pol Yehu Wangsa Jaya M.kom meninjau langsung dan berbincang-bincang dengan kelompok tani binaaan Binmas Noken di kampung Wonosari SP 4, Kabupaten Timika. “Apa yang dilakukan oleh Binmas Noken sangat luar biasa dimana kurang dari satu tahun berjalan namun lahan pertanian yang telah ditanami jagung, sayur dan umbi-umbian tersebut mampu dipanen hingga beberapa kali. Ini kan luar biasa!” tegas Yonce Mende.

Lebih lanjut Yonce Mende juga mengapresiasi kegiatan Polisi Pi Ajar yang memberikan pengetahuan kebangsaan, cinta tanah air, serta nasionalisme kepada anak-anak. “Kegiatan Pi Ajar mampu menghiasi wajah anak-anak dengan semangat nasionalisme yang tinggi, anak-anak mengucapkan teks Pancasila dengan benar secara bersama-sama. Ini merupakan wujud nyata kecintaan mereka kepada NKRI” kata Yonce Mende. Mantan Kapolda Papua ini juga berharap agar program Binmas Noken Polri dapat terus dipertahankan karena terbukti mampu meningkatkan pelayanan kepolisian dan juga membantu perekonomian masyarakat Papua dan Papua Barat.

Tokoh Masyarakat Apresiasi Program Polisi Pi Ajar

Program Polisi Pi Ajar ternyata juga mendapat apresiasi dari beberapa tokoh masyarakat yang langsung menyaksikan program Polisi Pi Ajar di daerahnya, berikut adalah beberapa testimoni dari tokoh masyarakat tentang Polisi Pi Ajar

Taweri Telenggen (salah satu tokoh masyarakat Kampung Yalinggua) yang juga hadir langsung menyaksikan kegiatan Polisi Pi Ajar, sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Kepolisian khususnya Binmas Noken Polri yang telah mendatangi kampungnya.

“Polisi Pi Ajar ini program yang bagus, mampu menanamkan memberikan pemahaman tentang Cinta Tanah air kepada anak-anak kami, semoga kegiatan ini tidak sampai disini dan rutin dilakukan guna kemajuan pendidikan anak-anak di Kabupaten Puncak Jaya,” katanya.

Marton Wenda. Spd (kepala sekolah SD Inpres Timika XII, Kampung Utikini, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika) menjelaskan bahwa kegiatan Polisi Pi Ajar yang dilakukan oleh Binmas Noken Polri ini, merupakan suatu bentuk tanggung jawab kepolisian dalam ikut mencerdaskan anak bangsa. “Program Binmas Noken Polri ini, sangat membantu kami guru-guru dalam memberikan pelajaran tambahan kepada anak-anak kami sehingga kami mengucapkan terima kasih kepada Binmas Noken Polri yang mana telah ikut membantu kami untuk mensedaskan anak-anak didik kami”, kata Kepsek, Marton Wenda. Spd.

Johanes Calvin H. Saroy, S.Pd (Kepala Sekolah SD YPK) sangat berterimakasih kepada jajaran Kepolisian khususnya bagi Binmas Noken Polri. Hal ini disampaikan saat Binmas Noken Polri melakukan Polisi Pi Ajar di SD YPK Johanes Calvin, Distrik Teluk Kimi, Kabupaten Nabire, Selasa (30/07/2019).“Kami sangat senang dan bangga karena dari jajaran Kepolisian ini dapat mengisi kegiatan Polisi Pi Ajar di sekolah kami. Terutama Binmas Noken yang mengajarkan kepada anak-anak kami. Mudah-mudahan anak-anak kami dapat berguna bagi Nusa dan Bangsa, serta bisa meraih cita-citanya,” ungkap Saroy.

Maksimus Lanny (Pemilik perkebunan kopi serta spot peternakan babi dan lebah madu di Wamena). Maksimus pun menyampaikan terima kasihnya kepada Satgas Binmas Noken yang telah memberikan bantuan berupa 10 anak babi, serta bibit pertanian berupa sawi, kol, kacang panjang, cabe, terong, tomat dan wortel. “Satgas Binmas Noken juga memberikan lebah madu kepada adik kami Rikki Lanny beserta kelompok taninya,” ujar Maksimus. Maksimus juga menyampaikan bahwa dirinya merasa kecewa kepada generasi sekarang yang tidak mau berusaha dan bekerja keras seperti mereka para orang tua.”Karena di Wamena ini ada istilah “Heki Awolok Hape Awolok” yang artinya tangan bergerak mulut bergerak,” tutur Maksimus.

Imam Masjid Babussalam Apresiasi Kepedulian Satgas Nemangkawi

Haji Tahir yang merupakan imam Masjid Raya Babussalam Jl. KH. Dewantara, Kwamki, Kec. Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua mengapresiasi kinerja dan kepedulian dari Satgas Nemangkawi, hal ini diungkapkan oleh Haji Tahir sesaat setelah kegiatan penyerahan 1 ekor sapi untuk hewan qurban di halaman belakang masjid. “Insya Allah daging kurban akan di berikan kepada kaum Dhuafa, anak yatim dan anak piatu, janda serta yang membutuhkan,” kata Imam Besar Masjid ini. Menurut Tahir, tujuan sumbangan sapi kurban ini untuk kebaikan, kemaslahatan dan bermanfaat bagi semua dan semoga seluruh anggota Satgas Nemangkawi senantiasa dilindungi Alloh SWT dan dapat menyelesaikan tugas dengan baik

Penyerahan hewan qurban dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 30 Juli 2020 Pukul 15.30 s/d selesai. Satgas nemangkawi diwakili oleh KBP Puji sedangkan pihak masjid diwakili oleh HajiTahir. Puji menjelaskan bahwa hewan qurban tersebut merupakan sumbangan dari rekan2 Satgas Nemangkawi untuk warga Mimika khususnya kaum Muslimin yang sedang merayakan Hari Raya Idul Adha Tahun ini.

“Saya berharap dengan perayaan Idul Kurban Tahun ini dapat membuat warga masyarakat khususnya kaum muslimin dapat merasakan indahnya berbagi kasih di bulan penuh berkah dan dapat bermanfaat di hari Raya kurban ini,” kata Puji disela sela penyerahan sapi kurban kepada pengurus Masjid.

Mantan Anggota KKB dan Panglima KKB Apresiasi Satgas Binmas Noken

Kegiatan lain yang dilakukan oleh Binmas Noken adalah melakukan sambang atau kunjungan kepada masyarakat yang berada di daerah yang sulit terjangkau. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh Binmas Noken dan ternyata mendapat apresiasi dari mantan anggota KKB dan mantan Panglima KKB. Berikut adalah testimoni dari mereka :

Delison T merupakan mantan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata wilayah Puncak Jaya “Saya Sampaikan Terima Kasih kepada Binmas Noken Polri atas kunjugan kepada saya”, tutur Delison T. Binmas Noken Polri memberikan bantuan sosial berupa sembako dan pembagian masker kepada keluarga mantan KKB tersebut, selain itu juga dilakukan sosialisasi tentang pencegahan virus corona kepada masyarakat sekitar Puncak Jaya. Delison T mengucapkan terima kasih kepada Binmas Noken Polri yang telah mengunjungi dan sekaligus memberikan bantuan sosial kepada keluarganya. “Ini merupakan salah satu bukti bahwa Negara Republik Indonesia hadir di tengah-tengah masyarakat Papua, sekali lagi terimakasih untuk Binmas Noken” tambahnya.

Yusen Tabuni (YT) merupakan Panglima Kodap II Jayawijaya. Yusen Tabuni menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan Binmas Noken Polri yang telah memberikan pesan kamtibmas dan sosialisasi tentang pencegahan wabah covid-19. Yusen Tabuni beserta masyarakat distrik Hubikiak Kab. Jayawijaya juga mengucapselamat Hut Bhayangkara ke-74, semoga Tuhan selalu memberkati tugas-tugas mulia personil Polri di tanah Papua.

Terpisah, Kadivhumas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengucapkan terimakasih kepada Satgas Binmas Noken yang telah bekerja keras dan bekerja cerdas selama ini sehingga mendapat apresiasi dari berbagai elemen masyarakat bahkan mantan KKB pun ikut merasakan manfaat dari Program Polri Pi Ajar.

“Sungguh luar biasa kinerja Satgas Binmas Noken, mereka benar2 mencurahkan hati, tenaga dan pikiran mereka untuk membangun generasi muda Papua yang berkualitas. Saya salut sekali. Selamat bertugas untuk Satgas Binmas Noken, tetap semangat membangun negri!” pungkas Argo. (Redaksi.adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here