JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Satgas Binmas Noken Polri Mengharapkan setiap pemerintah daerah kabupaten / Kota di Provinsi Papua dapat mendukung program Binmas Noken yang bergerak di bidang Pendidikan, Pertanian dan Peternakan untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah pegunungan tengah Papua.

Kepala Operasi Binmas Noken Polri, Brigjen Pol Hery Nahak saat ditemui dalam acara FGD di Fave Hotel, mengatakan  kehadiran pemerintah daerah (Kabupaten) dalam program Binmas Noken sangatlah penting, Dimana ada sejumlah program yang juga dibuat pemda bisa disinergikan dengan program binmas noken ini.

“Penting kehadiran pemda (kabupaten) karena misalnya ada program pemda yang bisa kita sinerginakan, selaraskan dengan program binmas noken, Pastinya itu akan sangat baik,” kata Hery.

Hadir dalam acara ini sejumlah Bupati Puncak, Bupati Keerom, Sekda Lanny Jaya, Sekda Jayawijaya, perwakilan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, perwakilan Instansi terkait termasuk sejumlah petani yang menjadi binaan Binmas Noken. FGD kali ini menghadirkan nara sumber Yaitu 3 Profesor dari Jakarta yang juga pemerhati Papua.

KA Ops Noken mengimbau setiap kepala daerah yang hadir dalam kegiatan FGD agar bisa mengembangkan program binmas noken di daerahnya masing masing.

“Saya harapkan program ini bisa dikembangkan seperti di Kabupaten Mimika, kita kerjasama di bidang peternakan, dan hasilnya bagus. Sehingga pemda harus lebih pro aktif,” harapnya.

Program Binmas Noken menyasar sejumlah kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua diantaranya Kabupaten Mimika, Puncak Jaya,Tolikara,Yahukimo, Paniai dan juga wilayah selatan Papua yakni Kabupaten Merauke.

Program yang dicetuskan Kapolri Jendral Tito Karnavian ini lebih kepada memberikan pendidikan pengajaran lewat program Polisi Pi Ajar di sekolah, memberikan pendampingan kepada kelompok Tani , dan juga beternak dimana membuat spot peternakan serta membagikan ternak ayam dan babi.

Selain di kabupaten yang menjadi program percontohan tersebut, Rencananya tahun ini binmas noken polri akan tetap melanjutkan programnya dengan menyasar sejumlah kabupaten lainnya tak hanya di wilayah pegunungan tengah tetapi juga wilayah pesisir Papua, termasuk kabupaten Puncak, Keerom dan Nduga.(redaksi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here