JAYAPURA, Reportasepapua.com – Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano mengimbau kepada seluruh warganya untuk rutin melakukan pemeriksaan HIV/AIDS.

“Tidak usah malu karena ini tujuannya bukan hanya untuk menjaga ataupun mengetahui kondisi kesehatan sendiri, tetapi juga untuk Papua. Kalau ko rutin lakukan pemeriksaan HIV, ko Papua, ko mantap” kata pria yang akrab disapa dengan nama BTM ini dalam Jayapura Internasional AIDS Conference yang dilaksanakan di Hotel Horison Kotaraja, Rabu (31/07) sore.

Sebagai contoh, BTM mengungkapkan bahwa ia telah memerintahkan seluruh Aparutur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Pemerintah Kota Jayapura untuk rutin melakukan tes HIV/AIDS.

“Dan itu wajib. Karena pemerintah adalah contoh dan teladan kepada masyarakat dan itu dimulai dari pemimpinnya. Jadi kita sudah turun sampai ke RT/RW bahkan dari rumah ke rumah dan ini gratis. itu yang kita lakukan jadi jangan malu jangan takut karena pemerintah adalah contoh dan teladan kepada masyarakat. Saya saja sudah dua kali periksa” ungkapnya.

Dia juga menuturkan bahwa apa yang ia lakukan ini untuk mewujudkan perubahan bagi Tanah Papua yang di mulai dari Kota Jayapura.

“Saya lakukan ini karena Kota Jayapura yang merupakan pusat perubahan, dimulai dari kota ini baik itu tentang etika, perilaku hidup oleh sebab itu, Change Of the Game mulai dari kota ini maka itu kita undang semua Bupati se Papua dan Papua barat dan seluruh Ketua KPA untuk mulai dari Kota Jayapura” tuturnya.

“Karena terbitnya matahari di Indonesia itu dari sini. Karena pikiran saya kita harus menyelamatkan manusia ciptaan Tuhan. Kita harus menyelamatkan manusia jangan kita biarkan mereka mati. Tanah kita, hutan kita dan laut kita luas. Siapa yang akan menggunakan ini kalau setiap hari ada burung gagak yang makan bangkai kita ini. Jadi kita sendiri orang Papua yang harus selamatkan itu” tandas BTM.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr Ni Nyoman Sri Antari mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pemeriksaan HIV/AIDS di 8 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Dan ini akan terus kita lakukan, bagaimana bisa masyarakat kita terus himbau melakukan pemeriksaan tapi kita tidak, makanya kita beri contoh dengan melakukan pemeriksaan di 8 OPD itu” tukasnya.

Dia menambahkan,dari hasil pemerihsaan HIV/AIDS yang dilakukan  oleh Dinas Kesehatan Kota di Jayapura di 8 OPD tersebut, didapati ada 2 orang yang terifeksi HIV/AIDS.

“Dari hasil pemeriksaan yang sudah kita lakukan itu ada dua yang positif dan sudah kami tangani” singkatnya. (yurie/stela)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here