Reportasepapua.com, Jayapura – Pemerintah Kota Jayapura Menggelar upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke 75 di halaman lapangan upacara kantor wali kota pada hari senin (17/8).

Wali kota jayapura menekankan dalam perayaan HUT RI tahun 2020 ini sesuai thema indonesia maju maka dalam masa covid ini masyarakat kota jayapura tetap semangat dan maju dalam melawan wabah covid 19 ini dan pelayanan kepada masyarakat terus ditingkatkan karena lebih menekankan pada nilai alinea keempat UUD 1945 tentang mensejahterahkan kepentingan umum bagi masyarakat di kota jayapura.

“Tahun 2020 dalam memperingati HUT RI yang ke 75 sangat berbeda karena indonesia dilanda wabah covid 19 dan semuanya kita ikuti dengan protokol kesehatan dan wabah covid ini semangat nasionalisme, patriotisme, warga kota jayapura untuk terus mengisi kemerdekaan ini. Kami sangat menghargai para pejuang kemerdekaan yang telah memperjuangkan hingga titik darah penghabisan. Ini adalah tugas kita memperjuangkan di bidang pendidikan, kesehatan, dibidang ekonomi, bidang infrastruktur maka tujuan kita sesuai dengan alinea ke 4 UUD 1945 mensejahterahkan kepentingan umum di kota jayapura dan kita harus lakukan.” Tuturnya.

Yang bertindak selaku Inspektur Upacara pada detik-detik Proklamasi adalah wali kota jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM dan Komandan Upacara adalah Kapten Inf Yubelinus Simbiak, jabatan sehari-hari Dan Ramil Abepura Pengibar bendera yang bertugas yaitu Lukas Twenty (Pengatur tali), Yeremia.S.M. Merauje (Pembentang) dan Michelle.E. Rumansara (Pembawa Bendera).

Wali kota jayapura Dr. Benhur Tomi Mano menyampaikan dalam wawancara kepada wartawan bahwa dalam memperingati kemerdekaan ini harus maju dan bisa kembali ke kehidupan normal dan mengisi pembangunan di segala bidang.

“Maka wabah covid ini membuat kita lemah dan kita harus maju dan kita kuatsesuai dengan moto indonesia maju dan kita akan maju disegala bidang, dan kita maju melawan covid ini supaya kita bisa keluar dari wabah ini dan kembali kepada kehidupan yang normal. Untuk itu masyarakat kota jayapura mari kita semangat, kita maju melawan covid 19 ini agar kita bisa kembali ke kehidupan yang normal dan kita terus mengisi pembangunan ini di segala bidang supaya kita terus maju mempertahankan indonesia. Papua ataupun kota jayapura tidak bisa terpisahkan dari NKRI.” tegasnya

Wali kota menegaskan dalam rangka HUT RI ke 75 ini agar bagi para ASN lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat jayapura dan mempermudah proses pelayanan. Karena tujuan akhir yang ingin dicapai adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di kota jayapura.

“Kita ingin memudahkan dan memajukan masyarakat kota jayapura dengan sistem online, mempercepat dan mempermudah setiap pelayanan kita dan kita sebagai pelayan masyarakat di kota jayapura mempermudah birokrasi yang terlalu panjang dan berbelitbelit agar lebih mudah memberikan pelayanan yang tepat, transaparan, ankuntabel bagi masyarakat kita. Tujuan akhir kita adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di kota jayapura.” tuturnya

Setelah upacara dilanjutkan dengan penganugerahan tanda penghargaan Lencana Melati dan Darma Bakti oleh Kwartir nasional Gerakan Pramuka, penandatanganan kerja sama antara pemerintah kota Jayapura dengan Pengadilan negeri kelas IA Jayapura tentang penanganan kasus perempuan dan anak berhadapan dengan hukum di kota jayapura, Polresta Jayapura Kota tentang pelayanan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di kota Jayapura dan Kejaksaan negeri jayapura tentang pendampingan psikososial terhadap perempuan dan anak korban kekerasan di kota Jayapura. Penyerahan SK kenaikan pangkat periode 1 April 2020 dan manfaat layanan klaim otomatis (LKO) batas usia pension TMT September 2020 kepada PNS di lingkungan pemerintah kota Jayapura secara simbolis. (Stella)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here