JAYAPURA,REPORTASEPAPUA.COM – Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano MM., meninjau sejumlah titik terkenah dampak curah hujan tinggi yang mengguyur Kota Jayapura sejak jumat malam, mengakibatkan Longsir dan banjir.

Sejumlah titik yang terkenah longsor, terjadi di jalan utama di kampung Nafri dan jalan Skiland Otonom Kotaraja, hal ini mengakibatkan ruas jalan mejadi macet.

Sementara banjir yang menggenangi pemukiman warga dan sarana umum di kawasan Perumnas 4, Organda padang Bulan, Kolam kangkung kampung Yoka, pasar Yotefa, kali acay, perumahan dosen Universitas Cenderawasih Kotaraja, perumahan Murah Kotaraja, BTM puskopad, SMU Negeri 4 Jayapura, Jalan utama CV Thomas dan PTC Entrop.

Wali Kota mengatakan  penyebab terjadinya banjir dan longsor di sebabkan oleh intensitas hujan yang cukup tinggi yang terjadi sejak jumat malam. Dan masih terdapat ulah warga yang tidak peduli dengan himbauan Pemerintah Kota Jayapura.

“Masih adanya pembangunan liar, yang belum memiliki ijin dari pemerintah Kota Jayapura, dan juga kami mengamati terjadi penyumbatan batang pisang, pohon, mereka jadikan kali sebagai tempat pembuangan sampah,”jelas Wali Kota saat meninjau sejumlah lokasi longsor dan banjir, sabtu 23 Februari 2019.

Selain itu, penyebab terjadinya meluapnya air, akibat penyempitan saluran air yang terjadi disejumlah pemukiman warga di Perumahan Organda, BTN Puskopad dan Pemukiman Dosen Universitas cenderawasih kotaraja.

Dikatakan, dengan kejadian ini pemerintah kota akan melakukan aksi cepat mengatasi banjir dan longsor. Khusus disejumlah pemukiman yang terkenah genangan air, pemerintah Kota akan mengatasinya secara berlahan dengan melibatkan Balai Wilayah Sungai Provinsi Papua.

“Kami akan mengambil tindakan dengan melakukan pelebaran kali dengan pengerukan disejumlah tempat, khususnya pasar yotefa, perumnas empat, organda, pelan kami akan mengatasi bersama Balai Sungai Papua untuk mengatasi hal-hal tersebut,”ungkapnya.

Peninjauan lokasi terkenah dampak hujan, Wali Kota didampingi Kapolres Jayapura Kota, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan kebersihan, Kasatpol PP,dan Kepala Bagian Humas Setda Kota Jayapura.(redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here