Bupati Asmat Serahkan Dokumen Pelaksana Anggaran Pada OPD dan Lembaga Keagamaan  

0
261
Bupati Asmat Elisa Kambu Terus Mendorong OPD Asmat lebih Optimal dalam melakukan Percepatan Visi - Misi Pembangunan di  Kabupaten Asmat Tahun 2019 mendatang sesuai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD ) Tahun 2016-2021. (foto :andre)

ASMAT, REPORTASEPAPUA.COM – Bupati Asmat Elisa Kambu Terus Mendorong OPD Asmat lebih Optimal dalam melakukan Percepatan Visi – Misi Pembangunan di  Kabupaten Asmat Tahun 2019 mendatang sesuai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD ) Tahun 2016-2021.

Dorongan  Bupati Asmat Elisa Kambu tersebut disampaikan dalam kegiatan penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Kepada Oganisasi Perangkat  Daerah (DPA OPD) dan Lembaga Keagamaan  Kabupaten Asmat  Tahun Anggaran 2019  serta Pendatanganan Pakta Itegritas oleh OPD dan Lembaga Keagamaan setempat yang berlangsung di Aula Wiyata Mandala kemarin.

Elisa menyampaikan bahwa Tahun ketiga pembangunan pada 2019 mendatang difokuskan pada percepatan perwujudan kesejahteraan melalui peemenuhan rumah layak huni, pemenuhan air bersih, energi listrik, transportasi antar wilaya, penyiapan SDM Kabupaten Asmt yang berkualitas berdaya saing serta menjaga jati diri Tanah Asmat.

“Volume APBD Tahun 2019 yakni 1,7 Trilyun  agar lebih efektifkan untuk kebutuhan belanja tidak langsung maupun kebutuhan belanja langsung, sehingga elemen pemerintah daerah Asmat mengunakan alokasi dana tersebut dengan baik dan akuntabel,” Tuturnya.

Percepatan Pembangunan Memasuki tahun ketiga ini agar Pemda Asmat  lebih dekat lagi dengan masyarakat setempat sesuai visi misi Pemda Asmat yaitu  terwujudnya masyarakat Asmat yang maju, sejahtera dan bermartabat.

Orang Nomor  Satu di Kabupateen Asmat ini mengajak OPD dan Pelayan Keagamaan setempat agar optimal dalam bekerja  serta lakukan komonikasi-komonikasi beserta elemen terkait lebih  yang baik  guna meningkatkan kesejateraan masyarakat dan percepatan pembangunan

Ia menghimbau, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 mendatang harus fokus dan tidak terbagi-bagi pada perangkat daerah serta  uangnya  harus mengikuti program.

Bupati juga meminta elemen pemerintah Asmat agar persiapkan dengan baik program-program Tahun 2019 serta melakukan  persiapan-persiapan  lelang yang harus dilakukan lebih awal melalui unit layanan pengadaan.

Pastikan pengunanan anggaran memberikan manfaat yang optimal yang seluas-luasnya bagi masyarakat  artinya fokus pada outcome bukan sekedar output.

“Kepada OPD setempat agar memantau semua program kegiatan Tahun 2019 mendatang agar benar-benaar terserap 100 persen nantinya,” Ungkapnya.

Bupati Juga mengajak Pimpian OPD setempat agar melengkapi segala adminstrasi dan laporan pertangung jawaban tahun anggaran 2018 yakni penyelesaian belanja modal Tahun 2018, Laporan Pelaksanaan APBD Tahun 2018 dengan batas 10 Januri 2018, Menyusun laporan Keuangan OPD Tahun 2018 paling lambata 28 Janurai 2019 mendatang

Adapun melakukan langkah-langkah perepatan pengadaan barang atau jasa melalui ULP dan khusus lepada Kepala Bagian Barang dan Jasa Sekertariat Daerah segerah sosialisasikan Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 Tentang Pengadaaan Barang dan Jasa Pemerintah

Tidak hanya itu Bupati informasikan kepada  OPD yang sudah  memenuhi syarat diperbolehkan  dicairkan UP Tahun 2019 yang besarnya ditetapkan sesuai  peraturan Bupati Asmat. Sedangkan OPD yang belum menyelesaikan LPJ maka permintaan dana yang masuk akan ditunda sesuai aturan yang  berlaku.

Hal ini jg dilakukan Untuk Mengambil langkah rencana aksi  Komisi Pemberantasa Komisi (KPK) yang belum selesai  di tahun 2018 untuk diselesaikan di Tahun 2019. Karena di informasikan Bulan Februari  2019 mendatang tim audit LKPD akan melakukan pemerikasaan anggara belanja daerah tahun 2018 sehingga Pelaksanaan Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pimpinan  OPD Asmat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan , Tokoh Masyarakat serta berbagai elemen terkait lainya.(andre)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here