Bupati : Infrastruktur Penunjang PON di Kabupaten Jayapura Siap

0

SENTANI, Reportasepapua.com – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengatakan, pembangunan infrstruktur penunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 yang dibangun di Kabupaten Jayapura telah siap dan proses pembangunannya kini telah mencapai 50 %
“Artinya bahwa, sampai dengan awal tahun bahkan hingga ke pertengahan tahun depan dipastikan semua infrastruktur penunjang PON XX 2010 di Kabupaten Jayapura selesai dan siap digunakan,” ujarnya saat membuka Sosialisasi PON XX tahun 2020 kepada sejumlah komponen di salah satu hotel di Kota Sentani, Kamis (27/06).
Menurutnya, selain infrastruktur penunjang seperti jalan, jembatan, hotel, dan lain-lain, infrastruktur utama pembangunan Stadio Papua Bangkit, pembangunan sejumlah venue dan persiapan lokasi untuk olahraga air dipastikan rampung sebelum hari h pembukaan PON XX tahun 2020.
Penegasan bupati tersebut sekaligus membantah pernyataan sejumlah oknum dan kelompok yang sampai dengan hari ini masih sangksi dan berpikir pesimis bahwa pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua terancam tunda akibat belum tersedianya infrastruktur.
Bupati menyebut, bahwa sebagian besar Cabang Olahraga (Cabor) yang yang akan dipertandingkan pada perhelatan olahraga terakbar senusantara itu berada di wilayah Kabupaten Jayapura sehingga kesiapan infstruktur dan kesiapan lainnya patut mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Jayapura.
“Saya pastikan bahwa semua infrastruktur PON XX tahun 2020 di Papua akan rampung. Kami terus berkoordinasi dengan Pemerintah Propinsi Papua dan sejumlah lembaga berkompeten lainnya guna memastikan Papua siap menjadi tuan rumah,” pungkasnya.
Senada dengan bupati, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura, Yaan Yokhu menjelaskan, sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tekhnis selalu melakukan pemantauan terhadap tahapan dan capaian pembangunan infrastruktur utama PON XX 2020 dan pembangunan sejumlah infrastruktur lainnya .
“Hasilnya, bahwa semua infrastruktur PON XX tahun 2020 di Kabupaten Jayapura mulai dibangun, persentasi pembangunannya diatas 50 %. Ini menandahan bahwa Kabupaten Jayapura siap sukseskan PON XX 2020 mendatang,” tukasnya.
Dikatakan, kedepan pemantauan terhadap semua pembangunan yang sedang dibangun seperti Stadio Utama, venue-venue dan infrastruktur lainnya terus dilakukan secara kontinyu dan hasil pantauan dilaporkan kepada Bupati Jayapura selaku pimpinan daerah.(yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here