WAMENA, Reportasepapua.com – Bupati Kabupaten Jayawijaya meminta kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jayawijaya untuk mengejar target dan menyelesaikan Perekaman E-KTP maupun Kartu Keluarga (KK) di Wilayah Kabupaten Jayawijaya.

Hal itu disampaikan Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si, Rabu (12/2/2020) saat meninjau langsung kegiatan Perekaman E-KTP dan KK, sekaligus secara simbolis menyalurkannya kepada masyarakat yang ada di Distrik Yalengga Kabupaten Jayawijaya.

Menurut Bupati, target penyelesaian perekaman E-KTP dan KK tidak hanya diselesaikan di tingkat Kabupaten atau masyarakat kota saja, namun harus bisa juga dilakukan di tingkat kampung dan Distrik yang ada di Kabupaten Jayawijaya.

Diakui Bupati Banua, kegiatan perekaman yang dilakukan di Distrik Yalengga memang sudah dilakukan sebelumnya, namun masih kurang atau belum memenuhi target untuk perekaman di tingkat Distrik.

“Jadi saya minta sama petugas Dukcapil untuk ikut turun kelapangan sama – sama dengan Bupati dan Kepala OPD yang ada, saya minta untuk turun ke lapangan untuk bawa peralatan Mobile agar bisa lakukan perekaman di Tempat,” ungkap Bupati Banua.

Menurut Bupati, kegiatan Perekaman E-KTP dan KK di Distrik Yalengga sangat lancar, karena terlihat antusias warga masyarakat yang datang ke Kantor Distrik guna melakukan perekaman.

“Tadi kita lihat sendiri animo masyarakat untuk lakukan perekaman cukup baik, baik itu perekamam E-KTP ataupun kartu keluarga semua sangat baik karena masyarakat di Yalengga punya keinginan untuk punya kartu KTP dan kartu keluarga yah,” jelas Bupati Banua.

Kata Bupati, kartu identitas atau kartu pengenal sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena dengan KTP dan KK masyarakat dapat melengkapi persyaratan untuk mengurus rekening ataupun BPJS.

“Saya kira identitas orang ini sangat penting yah dan masyarakat di seluruh jayawijaya hampir semua ingin mempunyai kartu identitas,” ungkap Bupati Banua.

Bupati menambahkan, untuk targetnya sendiri, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya akan melakukan di 40 Distrik yang ada di Kabupaten Jayawijaya. Karena apa yang dilakukan sudah sesuai dengan visi dan misi Bupati Jayawijaya dan wakil Bupati Jayawijaya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dukcapil Jayawijaya, Patris Hilapok mengungkapkan, perekamanan E-KTP dan Kartu Keluarga khusus untuk Distrik Yalengga sudah dilakukan pada akhir tahun 2019 lalu. Diakuinya, bertepatan dengan kegiatan kunjungan Bupati untuk melihat langsung pelaksanaan Musyawarah Kampung (Muskam) dan Musyawarah Distrik (Musdis), maka sangat pantas kegiatan itu dirangkaian juga dengan pendistribusian 450 KTP dan KK kepada warga masyarakat Distrik Yalengga.

“Hari ini kami distrikbusikan KTP dan KK sebanyak 450 dimana semuanya dilakukan dari hasil perekaman pada tahun kemarin dengan lama pekerjaan selama satu minggu bermalam di Distrik Yalengga,” ungkap Patris.

Menurutnya, antusias warga masyarakat untuk melakukan perekaman cukup baik dan hasilnya pun sangat baik jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk tingkat kesulitan saat melakukan perekaman, Patris menjelaskan, pada dasarnya tidak ada kesulitan yang dihadapi, namun belum adanya kesadaran dan pendampingan dari aparat kampung dan distrik untuk membawa keluarganya mengurus E-KTP dan KK.
Untuk tenaga yang bekerja dilapangan, Patris mengakui, semua tenaga yang bekerja berasal dari Dinas Dukcapil Kabupaten Jayawijaya.(Afri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here