Bupati Jayawijaya Prioritaskan Nakes dalam Vaksinasi

WAMENA, REPORTASEPAPUA.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Jayawijaya mengakui, saat ini pihaknya bersama dengan Forkopimda/ dan tokoh masyarakat menyaksikan secara langsung vaksin sinovac yang telah sampai di Jayawijaya, dimana jumlah vaksin yang masuk itu sebanyak 1200, dan telah disimpan pada gudang Farmasi Dinas Kesehatan, sehingga kini tinggal bagaimana melakukan tahapan penyuntikan.

“tahapan-tahapannya yang pertama itu diperuntukan untuk tenaga kesehatan, karena mereka adalah garda terdepan untuk penanggulangan dan penanganan Covid-19 di Jayawijaya,”ungkapnya rabu (27/1) kemarin.

Ia juga menyatakan, untuk mulai penyuntikan belum bisa dilakukan, namun pemerintah memastikan untuk Forkopimda, pekan depan tepatnya hari selasa akan mulai melakukan screning kesehatan, dimana apabila lolos dalam pemeriksaan atau memastikan kondisi kesehatan bisa menerima vaksin tersebut, maka akan dilakukan vaksinasi itu.

“1200 vaksin ini akan digunakan untuk 600 orang, dimana ada tenaga Nakes dan Forkopimda di Jayawijaya, karena satu orang itu harus di vaksin dua kali, sehingga itu artinya usai vaksin pertama, nantinya ada jeda waktu selama 14 hari, kemudian dilakukan penyuntikan kedua,”jelasnya.

Vaksin yang datang ini, kata Bupati, tidak di distribusikan ke Puskesmas dulu, namun hanya fokus pada 600 orang tenaga kesehatan, dan juga Forkopimda terlebih dulu, dan nanti kalau sudah masuk lagi baru bisa di distribusikan ke distrik-distrik yang ada di Jayawijaya.

“kita akan melakukan pelatihan kepada tenaga medis yang akan melakukan penyuntikan vaksin itu terlebih dahulu, dan minggu depan itu ada pelatihan dari Balai Kesehatan Makassar kepada tenaga medis yang ada di Jayawijaya,”katanya.

Bupati Banua kembali memastikan, ada pelatihan yang dilakukan selama 3 hari, dan memang ada tahapan-tahapan pelatihan yang dilakukan, sehingga tenaga kesehatan yang ikut pelatihan, diharapkan dapat di persiapkan, agar benar-benar mampu untuk melakukan penyuntikan vaksin itu.

“sebelum melakukan penyuntikan vaksin pertama kali harus menyiapkan tenaga ahli dulu, oleh karena itu kita lakukan pelatihan terlebih dahulu, agar perjalanan vaksinasi ini bisa berjalan dengan baik,”tutupnya. (yanti)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,718FansSuka
2,738PengikutMengikuti
17,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles