Bupati Mimika Diminta Patuhi Surat Gubernur

0
338

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Terkait surat Gubernur Papua tertanggal 28 Maret 2019 yang ditujukan kepada Bupati Mimika, Eltinus Omaleng tersebut, dimana gubernur Papua meminta Ausilius You dikembalikan ke jabatan semula sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, nampaknya ditanggapi serius oleh Anggota Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Laurenzus Kadepa.

Bahkan legislator Papua ini meminta Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mematuhi surat Gubernur Papua tertanggal 28 Maret 2019 itu.

“Saya sepakat dengan surat gubernur itu agar tidak menimbulkan polemik dan menggangu roda pemerintah di Mimika,” kata Kadepa via teleponnya kepada wartawan.

Menurutnya Politisi Partai NasDem itu, sejak Ausilius You dinon-aktifkan bupati beberapa bulan lalu, pro dan kontra terjadi. Tidak hanya dikalangan para elite di Mimika, tapi juga di masyarakat.

“Jangan sampai pro kontra ini menimbulkan hal tak diinginkan,” kata Kadepa sapaan akrabnya.

Bahkan kata Kadepa, dalam suratnya, gubernur Papua Lukas Enembe meminta Surat Keputusan (SK) Bupati Mimika nomor 821.2-05 tentang pemberhentian Ausilius You dari jabatan Sekda dikaji kembali.

Selain itu, Gubernur Papua juga meminta bupati Mimika melaksanakan rekomendasi Ketua KASN nomor 477KASN2/2019 tertanggal 8 Februari 2019 yang meminta Ausilius You dikembalikan ke jabatan semula dan hak-hak kepegawaiannya diberikan sesuai ketentuan yang berlaku.

Namun, pasca-memberhentikan Ausilius You beberapa bulan lalu, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng melantik Marthen Paiding sebagai penjabat Sekda, 11 Januari 2019. Marthen akan bertugas hingga Sekda definitif dilantik.(tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here