Bupati Willem Wandik Usulkan ada Akses Jalan Puncak – Timika

0
248

JAYAPURA,REPORTASEPAPUA.COM – Terkait dengan akses jalan dari Ilaga ibu Kota Kabupaten Puncak ke Timika bu kota Kabupaten Mimika,  Bupati Puncak, Papua, Willem Wandik mengungkapkan, jika ia telah menyampaikan hal tersebut kepada Presiden Joko widodo (Jokowi) dan kementerian terkait agar ada akses jalan Puncak – Timika.

Bahkan kata Bupati dua periode ini, jika kini akses jalan Trans Papua dari Nabire-Paniai-Intan Jaya-Puncak sudah tembus. Tahun depan tinggal peningkatan kualitas agar dapat dilalui kendaraan roda empat.

Namun pihaknya berharap, pemerintah pusat dapat membantu membuka akses jalan dari Ilaga ke Timika, lantaran jarak tempuh dari Puncak ke Mimika butuh waktu hanya sehari dibanding dari Nabire-Paniai-Intan Jaya-Puncak yang jarak tempuhnya dua hari.

“Saya sudah sampaikan ke pak menteri dan presiden sendiri. Hingga kini saya masih menunggu respons pemerintah pusat. Tapi kami juga akan dorong jalan strategis nasional ini. Saya usulkan kalau bisa ada jalan strategis nasional dari Ilaga-Gresbeg-Arwanop-Timika. Itu paling karena paling dekat,” kata Willem Wandik di Jayapura, Rabu (12/12/18).

Menurutnya, jalan strategis nasional dilihat dari letak wilayah suatu daerah untuk menjadi penyanggah atau mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah lain.

“Penyanggah ekonominya di situ (Timika) karena kapal dari Surabaya langsung masuk ke Timika. Kalau ini tembus satu hari saja sudah sampai,” ungkapnya.

Bahkan kata Bupati Willem Wandik, dengan terbukanya akses jala itu, maka akan berdampak pada semua bidang baik pendidikan, kesehatan, sosial, menekan harga kebutuhan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah itu akan berkembang.

“Makanya akses itu penting, dan selama lima tahun memerintah Pak Jokowi membangun infrastruktur sudah benar. Misalnya dengan terbuka tol udara ke Puncak, harga semen di Puncak dari Rp 2,5 sekarang menjadi Rp 1,5. Tapi kami harap bisa turun lagi,” harapnya.(TIARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here