Wondama, Reportase Papua.com – Kampung Webi, Distrik Rasiei Kabupaten teluk Wondama Provinsi papua barat dicanangkan sebagai kampung Aman, Sehat, Mandiri (Asri). Kampung Webi memenuhi 3 kriteria dan syarat menjadi kampung ASRi yakni Aman Sehat dan Mandiri.

Bupati kabupaten teluk Wondama Bernadus A Imbur bersama Forkopimda Pemkab Teluk Wondama saat melakukan Launching di aula kantor kampung Webi mengatakan, kampung Webi pantas di canangkan sebagai kampung Asri sebeb dari sisi ketahanan pangan memadai, ketersediaan pusat layanan kesehatan berjalan baik sampai dengan khamptimbmas di lingkungan kampung itu baik.

Atas tiga alasan itu Imburi menegaskan 74 kampung lainnya patut contohi kampung Webi, sebab menurut Imburi dari sisi ketahanan pangan di kampung Webi sangat memadai, selain itu didukung dengan keamanan dan kesehatan dimana pustu Webi selalau ada pelayanan kesehatan.

“Kampung Webi pantas dijadikan contoh yang baik dibidang kesehatan, kemanan tetapi terlebih bidang ketahanan pangan terutama hasil kebun, dalam Keadaan sulit atau rawan pangan, Webi pasti tidak akan terjadi kerawanan pangan. Kampung-kampung yang lain contohi Kampung Webi wujudkan Asri di kampung masing-masing,” ujar Imburi ketika Webi dinobatkan sebagai Kampung Asri, Sabtu, (27/6).

Dia juga minta, maksimalkan terus pos keamanan yang ada, serta meminta dinas pertanian terus berikan pendampingan kepada petani di kampung itu dan juga 74 kampung lainnya.

“Dinas-dinas terkait, dinas pertanian perhatikan ini baik, bukan hanya di kampung Webi tetapi juga 74 kampung lainnya. Berbagai sector keunggulan dari masing-masing kampung harus di dukung menuju kampung yang Asri minimal 13 distrik punya 1 kampung Asri,”tutur Imburi.

Sementara kapolres kabupaten Teluk Wondama, AKBP Yohanes Agustiandaru, SH,S.IK.MH jelaskan program kampung berdikari merupakan insturksi pemerintah pusat melalui Polri dan TNI guna menciptakan kekuatan ditingkat kampung, bagaimana mempertahankan keberlangsungan hidup yang Asri meski di tengah Pandemi Covid-19.
“ini merupakan program dari pusat melalui TNI Polri kita wujudkan kampung yang mampu mempertahankan kelangsungan hidup Asri di tengah wabah Covid-19,”ujar Yohanes.

Dirinya menjelaskan kampung Webi sangat pantas di jadikan kampung Asri sebab dia bersama jajaran Polres Teluk Wondama sudah melakukan survei dan terbukti tiga kriteria itu ada di kampung Webi.

“Dari sisi ketahanan pangan, Webi oke, sisi kesehatan selalau proaktif, ada pelayanan kesehatan di Pustu dengan gedungnya yang memadai, apalagi sisi ketahanan pangan Webi sangat memadai,” ujarnya.

Katanya lagi pos kemanan yang sudah ada di kampung tersebut akan terus di maksimalkan baik dari sisi bangunan fisiknya maupun sumber dayanya.
“Pos yang masih kurang akan kami benahi dan akan kami berikan pengembangan atau bimbingan teknis kepada warga Webi bagaimana caranya menjaga keamanan terutama kepada tim Relawan Covid-19 kampung Webi,” tutur Yohanes

Launching itu di lakukan oleh bupati kabupaten Teluk Wondama, Kapolres Wondama, Wakil Bupati Teluk Wondama, Paulus Yulius Indubri, komandan BKO persiapan Kodim Wondama, ketua PKK kabupaten Wondama Ny. Merlin L Imburi secara online yakni launching zoom meeting dengan tanda pemukulan tifa oleh bupati Wondama dan pemukulan Gentog oleh Kapolres dan Komandan BKO Kodim persiapan Wondama, disaksikan langsung oleh seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Papua barat.

Usai Launching tersebut bupati bersama jajaranya lakukan peninjauan ke Pustu, Pos keamanan dan lahan pertanian masyarakat Kampung Webi yang berlokasi tak jauh dari kantor kampung itu tampak hampir seluruh lahan pekarangan warga Webi dijadikan lahan untuk bercocok tanam demi kebutuhan sayuran dan rempah-rempah rumah tangga. (SR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here