WONDAMA, REPORTASEPAPUA.COM – Untuk Memeriahkan HUT RI 74, Pemda Teluk Wondama Menyelenggarakan Berbagai Kegiatan, dimana Lebih dari 30 Regu masyarakat kabupaten Teluk Wondama berpartisipasi mengikuti Lomba Pungut Sampah.

Selama 45 menit waktu pengumpulan sampah yang diberikan panitia kepada 30 peserta, dan akhirnya berhasil mengumpulkan sampah kurang lebih 1 Ton sampah palstik yang dipungut dari kawasan pelabuhan Kuri Pasai Wasior hingga ke pusat perbelanjaan kota Wasior (pasar lama) sampai daerah Miei Bukit Aitumeri.

Pungumpulan sampah tersebut sengaja di lombakan agar masyarakat sadar tidak membuang sampah sembarangan terutama sampah plastic sebab, sampah plastic dapat mengancam kehidupan mahluk hidup.

Kepala dinas Lingkungan Hidup, Simson samberi berharap gerakan ini mengajarkan masyarakat Wondama tentang lingkungan bersih.

“ Semoga dengan ini kita sadar dan lingkungan bersih sehingga kita semua sehat, jangan lagi membuang sampah dilaut atau disungai supaya wondama kita ini sehat,” Tuturnya.

Sementara itu Bupati Teluk Wondama, Bernadus A Imburi, saat membuka lomba ini meminta masyarakat Wondama harus sadar membuang sampah pada tempatnya.

“saya percaya dari kita yang hari ini hadir, kita peduli sampah, kita cinta bersih, kalau kita buang sampah plastik kelaut, ikan tidak akan mau hidup ikan akan mati, sebab sampah plastik yang kita buang kelaut ikan akan makan sampah plastik kemudian jadi racun dalam ikan, kita makan ikan dan kita yang mati sebab ikan sudah terkena racun dari plastic yang kita buang kelaut itu. Jadi sampah plastik ini sangat berbahaya sekali,” tegas Imburi.

Bupati Menambahkan, Agar kedepan Penggunaan Plastik mulai dikurangi saat ini juga sebab jika tidak dikurangi maka kata Imburi kita akan membahayakan ekosistem laut.

“jika ada mama-mama yang punya noken bisa di bawa kepasar untuk pakai belanja, air minum kita isi dalam botol, saya juga sudah sampaikan jangan lagi ada acara-cara kita gunakan air kemasan plastik ini, kita pakai saja gelas, supaya kita kurangi penggunaan sampah plastik,” ucap Imburi.

Dia juga mengaku akan menjadikan wondama bebas sampah plastik melalui regulasi agar dapat membatasi penggunaan sampah plastik,

“karesa plastik tidak akan bisa diurai oleh tanah secara alami dalam kurun waktu ratusan tahun, saya harap kedepan wondama ada peraturan dalam menggunakan kemasan plastik ini harus sebab dampak pencemaran dari plastic ini sangat besar,” Tutup Bupati. (solfi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here