Wondama, Reportase Papua.com – Pemerintah Kabupaten teluk Wondama Provinsi Papua barat melalui tim gugus tugas pencegahan dan penanganan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah salurkan ribuan masker ke 13 distrik.

Tentunya pemberian masker kepada seluruh masyarakat dengan harapan dapat mencegah penularan Covid-19 melalui droplet atau percikan liur yang keluar dari mulut baik saat batuk atau berbicara.

Bupati Kabupaten Teluk Wondama bernadus A Imburi selaku ketua gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid-19 kabupaten Teluk Wondama meminta agar seluruh rakyat Wondama gunakan masker saat berada diluar rumah.

Untuk itu, dia selaku bupati dan juga ketua gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid-19 Kabupaten Wondama menegaskan kepada seluruh jajarannya agar memastikan pendistribusian masker sampai ke tangan masyarakat di distrik hingga kampung-kampung.

“masker ini distribusikan dengan baik dari distrik ke masing-masing kampung dan kampung bagikan kepada seluruh masyarakat yang ada di kampung-kampung, pastikan semua rakyat Wondama dapat masker dan menggunakan masker,” tukas Imburi ketika menyerahkan masker secara simbolis kepada 4 kepala distrik di aula distrik Wondiboy, Jumat, (29/5).

Katanya lagi selain pembagian masker dirinya juga meminta agar jajarannya terus menerus melakukan sosialisasi terkait pencegahan penularan Covid-19.

“Pemerintah distrik dan pemerintah kampung saya harap berikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat sehingga masyarakat paham betul harus berbuat apa di tengah pandemi Covid-19 apalagi kita di wondama sudah ada 3 orang positif tapi itu hanya positif ringan dan kita berdoa semoga mereka sembuh Wondama kita kembali ke Zona hijau,”tutur dia.

Masker berbahan kain itu didistribusian sejak hari selasa lalu 26 Mei 2020 ke 9 distrik di pesisir dan kepulauan diantara distrik Windesi, Wamesa, Teluk Duari, Roswar, Roon, Rumberpon, Wasior, Nikiwar, Soug Wepu, hingga Jumat 29 Mei 2020 didistribusikan ke distrik Wondiboy, Kuri Wamesa, Naikere dan distrik Rasiei.

Jumlah masker yang didistribusikan di 13 distrik berjumlah 30.000 masker kain. Dibeberkan sekertaris gugus tugas penceghan dan penanganan Covid-19 pemkab teluk Wondama Yance Personay katakan masker untuk 4 distrik diberikan sebanyak 5.000 lembar.

“tim gugus tugas melalui bidang pencegahan dan penanganan Covid-19 telah kami siapkan 30.000 masker kain untuk masyarakat di 13 distrik. Selasa lalu telah kami distribusikan ke distrik bagian kepulauan dan hari ini 4 distrik sisanya, distrik Naikere 400 masker, Wondiboy 1.100 masker, Rasiei 2.500 masker dan Kuri Wamesa sebanyak 1.000 masker, masker tersebut bisa dipakai berulang kali sebab bisa dicuci”ungkap Yance.

Sementara Untuk wilayah distrik wasior kata Yance distrik telah membagikan ke pos-pos jaga dimana bila ada masyarakat yang keluar rumah dan dijumpai tidak memiliki masker akan di berikan kepada mereka.

“untuk distrik Wasior sudah bagikan ke pos-pos jaga yang berada di tengah keramaian kota bila ada yang lewat tanpa masker maka akan diberikan masker kepada mereka,”tutur Yance. (SR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here