MERAUKE, Reportasepapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke melaksanakan Gerakan Coklik Serentak (CGS), sekaligus memonitoring pelaksanaan coklik serentak di distrik Merauke kabupaten Merauke, sabtu (18/7/2020).

Ketua KPUD Merauke Theresia Mahuze menjelaskan. Pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada 2020, dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

“Metodenya tetap sama seperti pilkada sebelumnya, yakni Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan coklit dengan menemui pemilih secara langsung satu per satu,” katanya.

Saat ditanyakan kesiapan para petugas di sejumlah kampung yang sulit di jangkau seperti, waan, tabonji, ilwayab dan sebagainya. Theresia memastikan seluruh petugas disana sudah siap. “Baru-baru ini kami turun ke lapangan dan memberikan bimtek kepada petugas PPD kami yang akan melakukan coklik di tingkat kampung, jadi saya yakin mereka sudah siap,” tegasnya.

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk ikut gerakan Klik Serentak, dimana Pemilih dapat mengecek apakah dirinya terdaftar sebagai pemilih pada laman www.lindungihakpilihmu.KPU.go.id, dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, dan tanggal lahir.

Sebelum melaksanakan coklik serentak KPUD Merauke lebih dahulu menggelar apel yang di ikuti seluruh petugas dan komisioner.

Pantauan Reportasepapua.com. Seluruh komisioner KPUD Merauke ikut turun ke lapangan, guna memonitoring dan mendampingi petugas PPDP.

Terlihat komisioner KPUD Rosina Yustina Marise Kebubun, S.IP, M.AP, melakukan pemantauan dan pengawasan coklik di kelurahan kelapa lima dan kelurahan bambu pemali.

Kegiatan coklik dilaksanakan sesuai protokol kesehatan menggunakan APD. (Bobby)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here