Cegah Penyebaran Covid-19, PMI Aktif Lakukan Penyemprotan Disinfektan

0
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Jayapura Giri Wijayantoro

SENTANI Reportasepapua.com – Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 (Coronavirus), Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Jayapura melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat ibadah dan juga fasilitas umum.

Ketua Mako PMI, H. Agus Permadi, mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sehari sampai tiga kali, bahkan ada juga permintaan masyarakat.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Jayapura Giri Wijayantoro mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura. Kegiatan penyemprotan itu dilakukan di tempat ibadah dan fasilitas umum itu sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan.

Seperti kegiatan penyemprotan disinfektan yang menyasar di sejumlah tempat ibadah, mulai dari gereja, masjid hingga vihara. Kemudian kegiatan penyemprotan disinfektan ini juga dilaksanakan di Pasar Baru dan Pasar Lama Sentani dan itu dilakukan sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan.

“Kami juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di Lapas Narkotika Doyo baru,” kata Giri Wijayantoro yang juga Wakil Bupati Jayapura kepada wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Rabu (29/4).

Selain itu PMI juga terlibat aktif dalam kegiatan pembagian  sembilan bahan pokok (sembako) kepada warga yang terkena dampak yang bekerjasama dengan dinas sosial kabupaten Jayapura. “Pembagian sembako yang sudah kami lakukan di daerah terdampak seperti di Kelurahan Hinekombe dan Dobonsolo khususnya yang berada di dalam areal Pasar Lama yang saat ini masuk dalam kategori karantina wilayah tertentu,” ujarnya.

Lanjut dia kegiatan pembagian sembako yang sudah dilakukan juga diberikan kepada sejumlah Panti Asuhan yang ada di Kabupaten Jayapura, termasuk karyawan hotel yang saat ini sedang di rumah kan,  Selain itu buruh karyawan Hotel Tabita dan sejumlah pekerja salon kecantikan yang juga di rumah kan akibat pandemic office 19 ini.

“Kami juga telah melakukan pembagian disinfektan bagi para sopir angkutan umum di wilayah kabupaten Jayapura, pangkalan ojek dan Terminal Pasar Lama,” paparnya.

Meski diakui kegiatan-kegiatan tersebut memang belum bisa merata di sejumlah tempat karena pihaknya sendiri masih Mengalami berbagai keterbatasan saat melayani masyarakat di lapangan. Untuk itu pihaknya berharap agar masyarakat terus bekerjasama dengan pemerintah untuk selalu taat dengan himbauan dan arahan pemerintah terkait penanganan penyebaran Covid 19 di Kabupaten Jayapura. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here