JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Hingga Rabu Sore (21/08/2019) sekitar pukul 16.04 WIT, layanan data (internet) Telkomsel di Jayapura masih terputus. Pada Rabu dini hari, Layanan data Telkomsel sempat tersedia dengan kualitas jaringan 3G, namun hal itu tidak bertahan lama.

“Saya kira tadi malam jaringan sudah akan normal karena sempat ada Jaringan 3G, tapi waktu bangun tidur sudah tidak ada, sudah 3 hari ini aktifitas saya terganggu,” ujar Andi Busa Iriani, salah satu Jurnalis Jayapura saat ditemui dihotel Aston.

Ia menyayangkan tidak adanya kepastian informasi dari Kementerian Kominfo atau pun Telkomsel mengenai pemutusan layanan data.
Sementara Rambat, seorang pedagang bahan pokok di Jayapura mengeluhkan masalah yang sama. Menurutnya karena tidak ada layanan data, maka aktifitas perekonomiannya jadi terganggu.

“Biasa kalau saya mau pesan barang bisa lewat whatsapp, tapi sekarang harus telepon atau SMS, tapi kalau SMS kapasitasnya sangat terbatas,” tuturnya. Ia berharap pemutusan layanan data ini bisa segera diakhiri karena banyak saat ini banyak aktiftas yang bergantung pada koneksi internet.

Sementara itu Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Muhammad Rifai Darrus yang tengah berada di jayapura menilai apa yang dilakukan kementerian Kominfo yang melakukan pembatsan layanan data adalah hal yang berlebihan.

“Menkominfo jangan terlalu lebay juga yang kemudian menutup semua jaringan internet di Papua, padahal masyarakat harus mendapat informasi yang seimbang atas kejadian ini,” tuturnya.

Hal yang sama juga terjadi di Manokwari, Papua Barat. Sari, salah satu ASN di lingkungan pemerintah Provinsi Papua Barat mengatakan bahwa sudah 2 hari layanan data Telkomsel tidak tersedia. Namun ia memahami kebijakan yang diambil pemerintah pusat untuk meminimalisir penyebaran informasi hoax di tengah masalah yang sedang melanda di papua dan Papua Barat.

“Ya memang ini penting untuk menjaga keamanan, tapi memang aktifitas kami terganggu, apa lagi kordinasi pekerjaan semua dilakukan menggunakan whatsapp,” katanya. (REDAKSI)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here